Bonsai Kelapa – Cara Cepat Menumbuhkan Tunas Dan Merawatnya

Posted on

Bonsai Kelapa – Cara Cepat Menumbuhkan Tunas Dan Merawatnya

Bonsai Kelapa  – Budidaya tanaman sudah banyak dilakukan oleh semua orang sebagai upaya untuk membuat rumah tampak lebih hijau dan segar. Selain sebagai hiasan rumah, percaya atau tidak sebuah tanaman atau pohon yang terdapat di sekitar rumah akan menyerap detoks dari udara. Inilah sebab akibat mengapa udara yang berada di daerah perhutanan terasa lebih segar.

Contoh budidaya tanaman yang cukup terkenal dan banyak peminatnya adalah bonsai. Bonsai memliki arti sebagi tanaman hias yang berada di pot. Dengankeunikan serta keindahannya masing-masing membuat para pecinta tanaman menggemari hobi membuat bonsai sendiri di rumah. Walaupun kita dapat membeli bonsai namun harga dari bonsai tidak terbilang murah. Oleh karena itu banyak yang membuat bonsai sendiri daripada harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli bonsai.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas bonsai yaitu bonsai kelapa. Bonsai kelapa memang terlihat unik, bonsai yang satu jarang diketahui atau dimiliki oleh kebanyakan pecinta tanaman. Secara karakteristik bonsai kelapa terbilang unik, yang terdiri dari kelapa sebagai hiasan rumah atau penghijauan ruangan dan halaman. Seperti yang kita ketahui dalam membuat bonsai tentu ukuran dari kelapa tidak seperti yang kalian bayangkan, yakni sampai puluhan meter. Kelapa memang menjadi salah satu pohon tertinggi bahkan ada yang mencapai 20 meter lebih. Tapi lain cerita jika dibuat sebagai bonsai tentu diameter yang dibutuhkan tidak setinggi itu. Bonsai kelapa memliki tinggi kurang lebih sekitar 500 cm.

Baca Juga :  Ciri Ciri Khusus Hewan – Habitat, Fungsi, Disertai Gambar

Dalam pembuatan bonsai kelapa diperlukannya teknik atau tips menanam bonsai agar menghasilkan tunas yang berkualitas. Selain dapat menghasilkan tunas yang berkualitas tips dan trik ini juga dapat menumbuhkan tunas dengan cepat untuk menghasilkan bonsai kelapa. Penanaman bonsai tidak hanya sekedar menanam lalu selesai dan tunas kelapa akan tumbuh begitu saja, diperlukan teknik khusus dalam penanaman bonsai kelapa.

Dalam pembuatan bonsai langkah pertama yang harus diperhatikan adalah :

1.Memilih Kualitas Bibit

  • -Bibit dengan kualitas terbaik salah satunya dengan memilih kelapa yang benar-benar tua ini, dilakukan agar penumbuhan tunas lebih cepat.
  • -Pilihlah kelapa yang masih berada di pohonnya, jangan memilih kelapa yang sudah terjatuh karena batok dari kelapa akan mudah pecah.
  • -Pilihlah bibit yang sesuai dengan ukuran pot, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar dapat menyesuaikan pot.

 

2.Menumbuhkan Tunas Kelapa

  • -Agar dapat menumbuhkan tunas dengan sangat cepat, pilihlah kualitas tanah yang baik. Yakni dapat menyerap air lebih banyak, serta dapat menyimpan air dengan waktu lama.
  • -Biarkan bibit kelapa 2-3 Minggu sampai tunas tumbuh
  • -Selajutnya komponen yang sangat penting dalam penumbuhan tunas agar lebih cepat adalah dengan menentukan posisi tunas, karena berpengaruh terhadap bentuk dari bonsai kelapa. Jika menginginkan bonsai tunas yang batoknya dikelilingi oleh akar maka letakkanlah bonsai kelapa dengan posisi vertikal. Jika menginginkan bentuk bonsai kelapa seperti Jepang maka letaklah bonsai dengan posisi horizontal.

 

  1. Membonsai Biji Kelapa
  • -Jika tunas kelapa sudah tumbuh sekitar 3-5 cm maka sabut kelapa harus dikupas pada bagian belakang kelapa.
  • -Potong ⅓ bagian dari kelapa
  • -Sayat garis vertikal pada tunas sampai menyentuh batok
  • -Lali pisahkan dan bersihkan serabut dari batok kelapa.
Baca Juga :  Perbedaan Senyawa Organik dan Anorganik

 

Cara Merawat Bonsai Kelapa

Untuk perawatan sendiri bonsai kelapa ini tidak terlalu membutuhkan perawatan yang istimewa sehingga cukup mudah bagi anda yang tidak punya banyak waktu memperhatikan perawatan tanaman hias di rumah. Cara merawat pohon bonsai kelapa ini hanya dengan rajin menyiramnya satu kali dalam sehari yang dilakukan di pagi hari atau sore hari, selain itu pada saat menyiramnya, anda juga harus melakukannya dengan benar agar bonsai tidak mati. Perhatikan pada saat menyiram jangan sampai anda mnyiramnya hingga membuat air menggenang karena akan membuat pembusukan pada agar, jika hal ini sering terjadi maka bisa berakibat fatal yang akan membuat bonsai mati.

Selain menyiram tanaman ini setiap hari dengan cara yang benar, anda juga harus memperhatikan kesehatan tanaman bonsai kelapa ini dengan baik, lihatlah apakah ada hama yang menyerang tanaman ini seperti semut dan kutu putih yang sangat mengganggu penampilan tanaman ini. Tentu saja hama ini harus segera dihilangkan agar tidak membuat pohon menjadi mati. Untuk menghilangkannya anda bisa menggunakan pupuk organic sebagai pertolongan pertama.

Hanya saja anda harus benar-benar memperhatikan kesehatan tanaman ini karena salah sedikit dalam menanganinya saja bisa menyebabkan tanaman ini mati.

 

Nah itulah ulasan mengenai bagaimana cara menanam bonsai kelapa serta menghasilkan tunas agar cepat tumbuh lebih cepat. Semoga artikel ini dapat berguna dan menambah wawasanmu.  Sekian dan sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya.

Artikel Pilihan :