Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat

Posted on

Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat

Ekosistem.co.id – Bioteknogi merupakan salah satu ilmu yang memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan di zaman modern ini. Ilmu ini sudah temukan sejak lama dan kini semakin dikembangkan sehingga mengalami banyak sekali kemajuan dan menjadi salah satu hal yang dibutuhkan manusia untuk memudahkan kegiatannya.

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemnafaat makhluk hidup seperti bakteri, fungsi, virus dan juga produk yang terdapat pada makhluk hidup seperti enzim dan alkohol. Di dalam proses produksinya ini nantinya akan menghasilkan barang dan jasa yang sangat berguna bagi manusia.

Jenis Bioteknologi

Bioteknologi sendiri memiliki beberapa jenis atau cabang ilmu yang terasosiasi pada warna dan berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Bioteknologi Merah (Red Biotechnology)

Merupakan suatu cabang ilmu bioteknologi yang secara khusus mempelajari mengenai aplikasi biotekno yang ada pada medis dan mencakup seluruh spektrum yang dilakukan pada pengobatan bagi manusia oleh tahap preventif diagnosis, serta pengobatan.

  1. Bioteknologi Putih Dan Abu – Abu

Merupakan suatu bioteknologi yang diaplikasikan di bidang insdustri yakni untuk pengembangan produksi senyawa baru dan juga untuk pembuatan energi.

  1. Bioteknologi Hijau

Merupakan cabang ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai aplikasi bioteknologi di bidang pertanian serta perternakan. Untuk bidang pertanian sendiri memiliki fungsi untuk menahan serangan hama tanaman sementara untuk bidang perternakan digunakan untuk menghasilkan produk produk penting seperti sapi, kambing, domba, ayam dan menghasilkan antibodi protein di protektif sehingga bisa membantu sel tubuh dalam mengenali serta melawan pada senyawa asing.

  1. Bioteknologi Biru
Baca Juga :  Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Habitat, Fungsi Diserta Gambar

Merupakan cabang ilmu yang bisa mengendalikan proses yang terjadi di sekitar lingkungan akuatik.

Contoh Bioteknologi

  1. Dalam Pengolahan Susu

Yoghurt

Yoghurt dibuat dengan menggunakan susu yang dipermentasikan terlebih dulu kemudian sebagian lemak yang ada dibuang, dengan bantuan Lactobacillus bulgaricus dan Streptococus thermophillus mikroorganisme yang memiliki peran pada pembuatannya.

Keju

Bakteri asam laktat merupakan jenis bakteri yang mikroorganismenya merupakan Lactobacillus dan Streptococcus yang memiliki fungsi untuk mempermentasikan laktosa yang terdapat di dalam susu menjadi asam lakta.

Mentega

Untuk membuat mentega dibutuhkan jenis mikroorganisme yakni Streptococcus lactis dan Lectonosto ceremoris yang berfungsi untuk membentuk proses pengasaman yang kemudian susu akan diberi citarasa serta lemak mentega yang ada pun akan dipisahkan.

  1. Pengolahan Kacang

Kecap dengan Tauco

Di dalam proses pembuatan kecap yang menggunakan bahan kacang kedelai yang ditambah dengan mikroorganisme atau jamur Aspergilus soyae dan Aspergilus wentii, yang memiliki fungsi untuk mengubah protein kompleks yang terdapat pada kacang kedelai menjadi asam amino yang bisa dibuat dengan mudah dan dicerna oleh tubuh manusia.

Tempe dan Oncom

Di dalam proses pembuatan tempe yang menggunakan proses permentasi kedelai dengan memanfaatkan mikroorganisme yaitu Rhizopus sp, yang bisa mengubah protein kompleks di dalam kacang kedelai menjadi asam amino sedangkan pada oncom yang dibuat dengan menggunakan proses permentasi pada bungkil kacang tanah yang memanfaatkan mikroorganisme yaitu Rhizopus oligosporus.

Manfaat Bioteknologi

Seperti yang sudah dibahas, bioteknologi tentunya memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan mansuia dari dulu hingga kini. Berikut ini adalah manfaat dari bioteknologi :

  1. Manfaat untuk bidang pertanian adalah digunakan untuk merakit berbagai varietas unggul.
  2. Digunakan untuk mengatasi pembibitan yaitu dengan cara menghasilkan bibit di dalam junlah besar dengan waktu yang lebih cepat.
  3. Digunakan dalam pembuatan beberapa bahan makanan yang membutuhkan proses permentasi seperti yoghurt, keju, mentega, kecap, tempe dan oncom.
  4. Digunakan untuk melakukan tes DNA guna mengidentifikasi seseorang yang mengalami korban kecelakaan dan tidak bsia melakukan identifikasi secara fisik. Selain itu bisa digunakan untuk memastikan hubungan kekerabatan mengetahui identitas pelaku kriminal, menemukan hormone insulin dan transplantasi organ.
  5. Digunakan untuk mengatasi pencemaran yang terjadi pada suatu wilayah sehingga biteknologi yang menawarkan teknologi produksi di berbagai limbah industri dengan memanfaatkan teknologi yakni yaitu bioremediasi.
Baca Juga :  Bagian Mata - Disertai Fungsi Mata Dan Fungsi Retina

Nah, sudah tahu dong sekarang apa itu bioteknologi dan apa saja manfaatnya bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Lisosom – Pengertian, Proses Terbentuk Dan Klasifikasinya
  2. Sistem Ekskresi Pada Manusia – Organ, Fungsi Dan Gambarnya
  3. Sel Hewan – Struktur Dan Fungsinya Disertai Gambar