Bioteknologi – Pengertian, Penerapan, Dampak, Prinsip, Contoh

Posted on

Bioteknologi – Pengertian, Penerapan, Dampak, Prinsip, Contoh

Pernahkan kamu mendengar istilah bioteknologi? Jika belum, maka sangat tepat sekali jika kamu mampir ke website ini sebab kami akan membahas  mengenai bioteknologi mulai dari pengertian, penerapan, dampak, prisip hingga dilengkapi dengan contohnya.

Pengertian Bioteknologi

Jika dilihat dari pengertiannya secara umum, bioteknologi ini sendiri berasal dari dua kata. Yang pertama adalah bio. Kata ini memiliki makna makhluk hidup. Lalu yang kedua adalah teknologi yang artinya tentu saja adalah teknologi. Nah, dari sini kamu bisa menyimpulkan jika bioteknologi merupakan salah satu cabang ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai penggunaan teknologi yang dibagung dengan memanfaatkan makhluk hidup yang ada.

Misalnya seperti bakteri, virus, jamur dan yang lainnya.

Penerapan Bioteknologi

Di dalam kehidupan manusia sehari – hari, sebenarnya tidak asing dengan penggunaan serta penerapan bioteknologi, hanya saja sedikit orang yang tidak menyadari hal ini. Untuk itu, agar kamu lebih tahu, berikut adalah penerapan bioteknologi yang wajib kamu tahu.

1.) Ragi untuk Membuat Roti dan Etanol

Yang pertama adalah ragi yang dimanfaatkan untuk pembuatan roti dan bir. Karena di dalam ragi terkandung karbon dioksida yang dihasilkannya dan bermanfaat untuk membuat adonan roti mengembang.

Ragi sendiri juga bisa digunakan untuk membuat etanol yang diproduksi dengan menggunakan bahan utama kedelai, sorgum, jagung atau bahkan jelai yang semuanya dibuat dengan bantual ragi melalui proses fermentasi.

2.) Pektinase dalam Pembuatan Jus Buah

Jus buah umumnya menggunakan pektinase pada saat melakukan produksi dengan tujuan melakukan ekstraksi serta klarifikasi. Proses pemecahan molekul pektin ini sendiri biasanya akan terjadi pada sel tumbuhan yang betindak sebagai lem. Hal ini dilakukan untuk dapat menahan agar sel sel tumbuhan tetap bisa bersama-sama.

Baca Juga :  Jumlah Gigi Orang Dewasa

Enzim yang ditambahkan ke dalam jus buah dapat menghancurkan sel sel jaringan tumbuhan untuk kemudian mengekstraknya.

3.) Biodetergen

Biodeterjen yang kamu gunakan untuk mencuci pakaian memiliki kandungan enzim yang bisa membantu untuk menghilangkan noda pada pakaian. Enzim ini pun bersumber dari mikroorganisme contohnya seperti bakteri yang bisa digunakan untuk bertahan hidup bahkan pada saat berada di dalam air panas.

Dampak Bioteknologi

Bioteknologi memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan kita dan makhluk hidup di bumi ini. Berikut ini adalah pembahasan mengenai dampak positif dan dampak negatif yang ada pada bioteknologi.

Dampak Positif Bioteknologi

1.) Meningkatkan nilai tambah sebuah bahan makanan, contohnya jika digunakan untuk mengolah bahan makanan menjadi bahan jadi siap konsumsi maka nilai jualnya akan meningkat. Seperti susu, keju, tempe & tahu, roti.

2.) Mengatasi kekurangan protein dan vitamin karena adanya makanan yang menggunakan proses bioteknologi tidak terbatas. Sebab penggunaan teknologi ini mampu mempercepat produksi makanan dalam jumlah yang banyak.

3.) Dengan adanya bayi tabung dapat mempemudah sesorang memiliki keturunan.

4.) Penyediaan obat obatan yang bisa didapatkan dengan lebih murah berkat adanya teknologi ini dapat digunakan untuk memerangi penyakit berbahaya yang dulu sulit ditemukan obatnya, namun berkat adanya bioteknologi sekarang penyakit bisa disembuhkan dengan lebih mudah.

Dampak Negatif Bioteknologi

1.) Dampak Terhadap Lingkungan

Dampak negatif pertama yang dimiliki oleh bioteknologi adalah pada dampak lingkungan yang dianggap dapat merugikan serta merusak lingkungan di sekitarnya. Terutama pada keanekaragaman hayati yang dapat mengakibatkan aliran gen ketanaman kerabat terdekat.

2.) Dampak di Bidang Sosial Ekonomi

Penggunaan bioteknologi di bidang pertanian dan juga di bidang peternakan bisa menyebabkan petani kecil menjadi tergeser sehingga hal ini akan memberikan dampak negatif di dalam bidang sosial.

Baca Juga :  Jaringan Hewan - Penjelasan, Struktur, Contoh dan Gambar

Yang mana para petani serta peternak kecil yang masih menggunakan cara tradisional dapat kalah dengan adanya bioteknologi. Sehingga secara perlahan mereka akan tersingkir dan mulai tergantikan.

Hal ini nantinya akan menjadi salah satu penyebab kesenjangan ekonomi yang tinggi.

Prinsip Bioteknologi

Terdapat beberapa prinsip dasar yang ada di dalam bioteknologi, berikut adalah beberapa di antaranya :

1.) Fermentasi

Prinsip dasar yang digunakan pada proses fermentasi adalah untuk mengubah bahan lain dengan menggunakan cara yang sederhana dan dilakukan dengan bantuan mikroorganisme. Misalnya pada pembuatan tempe & tahu, roti, yogurt dan lainnya.

2.) Seleksi dan Persilangan

Pada proses ini dilakukan sebuah tindakan manipulasi DNA yang terdapat pada mikroba mau pun tanaman dan hewan untuk dijadikan sebagai mikrioba, tanaman atau hewan. Agar memiliki sifat dan fisik yang lebih unggul dan lebih baik. Sehingga akan dilakukan sebuah proses penyilangan dengan bibit unggul.

Contohnya seperti : Contohnya ayam leghorn, sapi avrshire dan kedelai muria.

3.) Kultur Jaringan

Proses ini dilakukan untuk menumbuhkan atau memperbanyak jaringan yang ada pada tanaman atau pada hewan serta jaringan atau sel sel yang terdapat pada laborium tanpa adanya gangguan dari organisme lain.

Contoh : pisang dan anggrek.

4.) Rekombinasi DNA

Proses ini merupakan proses transfer segemen DNA bersama dengan satu organisasi ke DNA organisme yang lainnya. Contoh : tindakan penyisian gen manusia pada bakteri bacillus thuringiensis. Proses ini akan membuat bakteri mampu memproduksi insulin.

5.) Analisis DNA

Proses ini memungkinkan kita mampu memberikan reaksi rantai polymerase. Yang mampu membuat kopi serta segmen DNA.

 

Contoh Bioteknologi

  1. Susu
  2. Tempe dan tahu
  3. Keju
  4. Mentega
  5. Yoghurt
  6. Dll

 

Baca Juga :  Mikroba – Pengertian, Jenis Yang Banyak Digunakan Untuk Bioremediasi Di Air Laut

Demikian pembahasan kali ini mengenai bioteknologi yang semoga bermanfaat bagi kamu semua ya, sampai jumpa pada pembahasan yang berikutnya.

Artikel Lainnya :