Bioma Tundra – Pengertian, Ciri – Ciri, Proses, dan Iklim

Posted on

Bioma Tundra – Pengertian, Ciri Ciri, Proses, dan Iklim

Bioma Tundra – Bioma adalah suatu ekosistem yang lebih besar dan luas, yang di dalamnya terdiri dari flora serta fauna yang memiliki kekhasan tersendiri. Bioma sendiri terbentuk akibat adanya perbedaan letak astronomis dan juga letak geografis. Bioma memiliki ciri-ciri yang berbeda. Namun, secara umum kita bisa melihat dengan mengecek vegetasi utama.

Setelah Anda mengetahui sedikit penjelasan mengenai apa itu bioma, kami akan menjelaskan lebih spesifik tentang salah satu bioma dari 7 bioma yang ada di dunia yaitu, bioma tundra. Anda pasti penasaran bukan, apa sih yang dimaksud bioma tundra? Proses, ciri-ciri, dan iklim yang ada di bioma tundra? Nah, jawabannya akan segera kami ulaskan untuk Anda. Mari kita simak!

Pengertian Bioma Tundra

Bioma tundra berasal dari kata Finlandia yaitu “Tunturia” yang memiliki arti dataran tanpa pohon. Tundra adalah bioma yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan ke enam jenis bioma yang lainnya. Karena letaknya yang berada di Greenland dan juga Lingkar Artik, maka kita tidak akan menemukan adanya pohon di sana. Di belahan bumi utara yang memiliki suhu sangat dingin.

Sehingga dari sini dapat diketahui fakta jika bioma tundra merupakan salah satu ekosistem dengan daerah yang luas dan tidak memiliki pepohonan sama sekali.

Proses Terbentuknya Bioma Tundra

Biomat tundra sendiri dapat tercipta oleh adanya pengaruh lingkungan dan juga alam yang begitu gelap yang terjadi sejak ratusan tahun silam. Hal ini disebabkan oleh sinar matahari yang tidak mampu menjangkau daerah tersebut.

Baca Juga :  Hewan Melata - ciri ciri, pengertian dilengkapi dengan gambarnya

Meski ada juga daerah yang disinari oleh cahaya matahari, namun dengan intensitas yang sangat kecil dan terbatas. Hal ini membuat beberapa tumbuhan mampu tumbuh dan hidup di dalam bioma ini. Misalnya seperti lumut.

Ciri Ciri dari Bioma Tundra

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, bahwa setiap bioma pasti memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda-beda. Begitu pula pada bioma tundra. Berikut ini adalah beberapa ciri atau karakteristik dari bioma tundra :

  1. Hampir semua wilayah pada bioma ini tertutup oleh salju atau es layaknya seperti gurun es.
  2. Tanah berada di bawah permukaan beku secara permanen atau permafrost.
  3. Hanya mempunyai satu musim di mana musim dingin di daerah tersebut berlangsung sangat lama dan hampir selama sepanjang tahun. Selain itu jika musim panas pun, daerah tersebut hanya memiliki suhu rata rata 2 derajat celcius saja, sehingga di musim panas, masih tetap terasa dingin.
  4. Terdapat peristiwa gelap berkepanjangan yang terjadi dikarenakan letaknya yang berada pada posisi 23,5° LU/LS yang mana gerak semu matahari hanya bisa sampai pada posisi itu.
  5. 5. Hanya memiliki komunitas tumbuhan yang sama dikarenakan suhu yang sangat dingin dan angin yang kencang.
  6. 6. Meskipun pada bioma tundra temperatur dan intensitas cahaya yang rendah, tanaman masih bisa melakukan fotosintesis.
  7. Fiksasi biologis dan fosfor yang dibuat oleh curah hujan menciptakan Nitrogen.
  8. Wilayah Arktik yang sangat luas dan besar, pada bioma tundra akan tertutupi hingga mencapai 20% permukaan tanah di bumi.
  9. Pada bioma ini, musim pertumbuhan dan reproduksi relatif pendek, hanya berkisar 30-120 hari (1-4 bulan), memiliki struktur vegetasi yang sederhana, serta terbatasnya drainase.
  10. 10. Energi dan nutrisi di sini adalah dalam bentuk bahan organik yang telah mati.
Baca Juga :  Transpor Aktif - Macam Macam, Ciri Ciri, Contoh, Gambar

 

Iklim Pada Bioma Tundra

Di daerah ini hanya terdapat musim dingin yang berkepanjangan namun untuk urusan iklim, simak penjelasannya di bawah ini :

Jika berdasarkan pembagian iklim, bioma tundra terletak di wilayah yang memiliki iklim es abadi serta iklim tundra. Berikut adalah beberapa iklim pada bioma ini :

  1. Pada bioma ini, terdapat dua musim yaitu musim panas dan musim dingin.
  2. Apabila musim dingin, jangka waktu yang terjadi cukup panjang, sekitar dari bulan November hingga bulan Maret. Selain itu di musim ini waktu siang hari juga terjadi hanya sebentar saja sedangkan malam hari berlangsung lebih lama.
  3. Bulan Mei sampai bulan Juli tundra akan mengalami musim panas.
  4. Kawasan Artik akan mengalami malam selama 24 jam, ketika matahari berada di bawah garis khatulistiwa.
  5. Tundra akan mengalami hujan dalam bentuk salju ketika musim dingin. Serta curah hujan relatif kecil, kurang dari 2500mm/ tahun.

 

Nah, lengkap sudah pembahasan bioma tundra kali ini. Sudah tahu bukan apa itu bioma tundra. Bagaimana proses terbentuknya, ciri-ciri, serta iklimnya yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk belajar menyenangkan.

Artikel Lainnya :

  1. Radiasi Benda Hitam – Pengertian, Hukum, Sifat dan Contohnya
  2. Pencemaran Suara – Gambar, Ciri-Ciri, Dampak, Solusi Mengatasinya
  3. Batuan Sedimen – Proses Pembentukan, Ciri-Ciri, Berserta Contoh
  4. Proses Pembentukan Minyak Bumi
  5. Cagar Alam – Pengertian, Fungsi, Contoh, Beserta Gambar