Biologi – Pengertian, Cabang, Manfaat dan Ruang Lingkup

Posted on

Biologi

Ekosistem.co.id – Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang yang akan kamu temukan di sekolah namun sebenarnya apa sih, biologi ini? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian Biologi

Bologi adalah ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai kehidupan dan juga organisme hidup termasuk di dalamnya berupa evolusi, persebaran, fungsi, struktur, pertumbuhan hingga taksonominya.

Secara umum bilogi memiliki pengertian tentang sel sebagai satuan dasar dari kehidupan. Gen sebagai satuan dasar dari pewarisan dan juga evolusi sebagai sebuah mekanisme yang bisa mendorong terciptanya spesies yang baru dan juga organisme.

Spesies dan organisme ini diyakini bertahan dengan menggunakan cara mengkonsumsi dan juga mengubah energi dengan meregulasi keadaan di dalamnya agar tetap stabil dan vital.

Banyak yang belum menyadari jika sebenarnya ilmu biologi memiliki cakupan yang sangat luas. Dengan berbagai macam konsep umum yang digunakan sebagai penelitian dan semuanya digabungkan ke dalam satu bidang, yakni ilmu biologi.

 

Cabang Ilmu Biologi

Ada banyak sekali cabang ilmu biologi yang digunakan untuk mempelajari suatu ilmu pengetahuan secara khusus. Jumlah cabang ilmu biologi ini pun terdiri hingga ratusan.

Namun khusus kali ini kita akan memberikan ulasan mengenai cabang ilmu biologi yang paling sering dibahas dan digunakan. Berikut ini penjelasannya :

1.) Genetika

Ilmu ini secara khusus mempelajari segala macam pengetahuan tentang gen, materi genetik mulai dari DNA dan RNA. Hingga pewarisan sifat dari induk pada keturunannya serta persingan gen.

Gregor Johann Mendel merupakantokoh genetika paling terkenal sehingga mendapatkan julukan bapak genetika modern.

 

2.) Anatomi

Anatomi adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari struktur tubuh pada makhluk hidup. Cabang ilmu ini cukup penting bagi perkembangan ilmu biologi karena ilmu ini akan mengajak kita mempelajari makhluk hidup dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Baca Juga :  Cara Merawat Telinga – Ciri Ciri Telinga yang Baik dan Sehat

Anatomi sendiri dibagi ke dalam dua cabang ilmu lainnya, yakni :

– Zootomi yang mempelajari mengenai anatomi tubuh hewan.

– Filotomi adalah cabang anatomi yang mempelajari tumbuhan.

 

3.) Histologi

Merupakan cabang ilmu biologi yang khusus mempelajar jaringan yang ada di makhluk hidup. Seperti jaringan saraf, jaringan pengikat dan penyokong, jaringan epitelum dan masih banyak yang lainnya.

 

4.) Taksonomi

Taksoomi adalah ilmu yang mempelajari mengenai klasifikasi makhluk hidup dengan pembahasan mengai pengelompokan, penamaan hingga rincian dari berbagai macam makhluk hidup yang ada di bumi. Pengelompokkan dan perincian dilakukan berdasarkan pada persamaan dan perbedaan makhluk hidup.

Nama kelompok taksonominya adalah takson.

 

5.) Botani

Ilmu yang digunakan untuk mempelajari mengenai tumbuhan seperti jenis, struktur, persebaran dan klasifikasinya merupakan ilmu botani. Dan merupakan cabang ilmu biologi yang sangat bermanfaat bagi dunia pertanian.

 

6.) Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan cabang ilmu biologi yang secara fokus mempelajari mengenai mikroorganisme. Contoh : protozoa, bakteri, fungsi, archaea hingga alga mikroskopik. Mikroorganisme merupakan makhluk hidup yang paling banyak jumlah dan jenisnya serta hidup paling lama di permukaan bumi.

Dari sekian banyak mikroorganisme ada beberapa yang dianggap sangat merugikan bahkan pembawa wabah penyakit berbahaya dan sangat mematikan.

Namun tidak sedikit juga mikroorganisme bisa digunakan dan membantu kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Dengan banyaknya jenis mikroorganisme di seluruh dunia, maka kita bisa mempelajari semua bakteri yang ada di dunia. Baik yang berguna bagi makhluk hidup lainnya mau pun yang berbahaya. Dengan begini kita bisa mencari tahu cara membuat obat anti bakteri.

 

7.) Virologi

Jika mikrobiologi mempelajari mengenai bakteri yang ada di seluruh dunia, namun cabang ilmu yang mempelajari tentang virus adalah virologi. Di sini kita akan belajar banyak hal tenang virus mulai dari ciri-ciri, katakteristik hinge pengelompokkan virus, siklus hidupnya, peran dan pencegahan hingga cara mengatasinya.

Baca Juga :  Manfaat Glukosa Bagi Tubuh Manusia dan Penjelasannya

 

8.) Zoologi

Xoologi merupakan cabang biologi yang digunakan untuk mempelajari mengenai seluk beluk kehidupan hewan. Seperti struktur organisme hidup serta kesatuan kehidupan subselular.

Zoologi dibagi menjadi beberapa macam cabang studi yang disesuaikan dengan jenis hewannya, seperti :

1.) Nematologi = ilmu yang digunakan mengenai cacing giling atau nematode.

2.) Entomologi = ilmu yang digunakan untuk mempelajari serangga.

3.) Ornitologi = ilmu yang digunakan untuk mempelajari burung.

4.) Mamalogi = ilmu yang digunakan untuk mempelajari mamalia

 

Tujuan Pembelajaran Biologi

Ilmu biologi pastinya memiliki tujuan untuk dipelajari, berikut ini adalah tujuan dari belajar ilmu biologi :

1.) Mengembangkan cara berpikir secara ilmiah lewat penelitian hingga percobaan.

2.) Mengembangkan pengetahuan praktis berdasarkan metode biologi yang digunakan untuk memecahkan masalah kehidupan individu dan sosial.

3.) Digunakan untuk merangsang studi lebih lanjut pada bidang biologi dan juga bidang lainnya yang masih ada hubungannya dengan ilmu biologi.

4.) Memberikan rasa pengertian, rasa saying dan perhatian pada sesama makhluk hidup.

 

Manfaat Biologi

Pastinya ilmu biologi memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia dan kehidupan makhluk hidup lainnya, berikut adalah manfaat dari ilmu biologi :

1.) Ilmu Murni

Biologi dikembangkan hingga menjadi ilmu dasar dan ilmu murni yang sangat berguna bagi keperluan dalam segala bidang yang terkait dengan ilmu biologi. Misalnya ilmu biologi sebagai dasar ilmu pertanian untuk mengembangkan bibit unggul, ilmu hewan dan lainnya.

Ilmu biologi juga digunakan sebagai alat analisa sel.

 

2.) Pertanian

Perkembangan dunia pertanian tidak akan bisa dilepaskan dari ilmu biologi yang menjadi solusi dari berbagai macam masalah di bidang pertanian. Seperti teknik hibridasri yang digunakan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan serelia serta kacang-kacangan dan memperoleh varietas unggul.

 

3.) Dunia Kesehatan

Dunia kesehatan harus berterima kasih pada ilmu biologi karena dengan adanya ilmu ini, kita bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari anatomi tubuh, jaringan hingga yang lainnya.

Baca Juga :  Gaya Gravitasi – Pengertian, Fakta Menarik dan Manfaat

Dari ilmu biologi kita bisa mencari tahu mengenai kelainan yang ada ditubuh kita hingga mencari berbagai macam obat untuk menyembuhkan penyakit.

 

4.) Kedokteran

Salah satu manfaat ilmu biologi terhadap bidang kedokteran adalah transplantasi organ tubuh manusia yang sudah dikembangkan sejak abad 20. Dalam beberapa tahun terakhir manusia bahkan sudah mampu membuat implantasi bayu tabung untuk memudahkan seseorang menghasilkan keturunan.

Dari ilmu biologi kita juga bisa mencari tahu berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes beserta dengan cara mengatasinya.

 

5.) Perikanan

Dalam bidang perikanan kita bisa mempelajari berbagai macam jenis ikan dan melestarikan lingkungan laut seperti pelestarian hutan bakau. Riset budidaya ikan juga bisa dilakukan dengan bantuan ilmu biologi.

 

6.) Industri

Ilmu biologi juga sangat berpengaruh pada berbagai macam industri seperti fermentasi, dan pembuatan makanan serta minuman dengan bantuan bakteri yang baik bagi tubuh. Ada juga minuman yang dibuat dengan bahan dasar serat tumbuhan.

 

7.) Pengembangan Energi

Biogas adalah cara membuat energi dengan menggunakan kotoran hewan dan bisa dijadikan sebagai energi alternatif yang lebih ramah lingkungan dan murah. Hal ini pun ditemukan berkat adanya ilmu biologi.

 

8.) Pertahanan Negara

Ada banyak sekali negara yang sudah menerapkan pembuatan senjata bilogis pathogen seperti virus, kuman bahkan bakteri. Organisme pathogen bisa digunakan sebagai toksin berbahaya. Meski senjata biologis ini amat sangat dilarang untuk digunakan.

 

Sepenting itu ilmu biologi bagi kehidupan kita, dan jika dipelajari maka akan memberikan banyak sekali manfaat. Untuk itulah kita harus rajin belajar dan berkunjung di Ekosistem.co.id untuk mendapatkan banyak ulasan menarik mengenai ilmu biologi.

Artikel Lainnya :

  1. Carnivora – Pengertian, Contoh, dan Ciri cirinya
  2. Sistem Reproduksi Pria – Penjelasan Lengkap dan Detail
  3. Proses Terjadinya Menstruasi