Biji – Bagian, Fungsi, Pengertian, Dan Gambarnya

Posted on

Biji – Bagian, Fungsi, Pengertian, Dan Gambarnya

Ekosistem.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Biji mulai dari bagian bagiannya, fungsi hingga pengertian biji lengkap dengan gambarnya, mau tahu penjelasan lebih lengkapnya? Simak di bawah ini yuk!

Pengertian Biji

Biji merupakan bagian penting tanaman yang dihasilkan dalam proses generatif tanaman. Hampir semua tanaman berbunga akan menghasilkan biji. Biji ini dihasilkan dari proses pembuahan kepala putik oleh benang sari yang terdapat pada bunga. Proses awal pembuahan ini terjadi saat benang sari melepaskan pollen ke kepala putik yang kemudian pollen ini pecah dan diserap oleh kepala putik. Pollen ini mengandung inti generatif (sperma) yang nantinya akan disalurkan melalui pollen tube menuju ke ovarium.

Sperma akan membelah dan berkembang di dalam ovarium sampai waktunya bunga akan membentuk biji dan berubah menjadi bakal buah.Tanaman biji-bijian hanya mampu membentuk biji dan bunga tidak berubah menjadi bakal buah tetapi bunga tersebut akan layu seperti pada proses pembentukan biji pada kacang tanah. Biji yang berkualitas baik adalah biji yang sudah matang secara fisiologis.

Biasanya hal ini ditandai dengan ciri fisik yang dapat dilihat seperti tanaman menjadi kuning pada tanaman padi atau kulit pembungkus biji menguning seperti pada kedelai. Dalam sudut pandang petani, biji bisa jadi salah satu bagian tanaman yang sangat berharga karena nantinya dapat ditanam kembali menjadi tanaman baru.

Ada beberapa ciri yang dapat dilihat apakah biji tersebut berkualitas atau tidak, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Biji yang berkualitas biasanya bebas dari pathogen jamur ataupun bakteri sehingga biji aman dikonsumsi atau untuk ditanam kembali
  2. Kandungan air pada biji tidak lebih dari 25 %
  3. Bentuk biji mulus, tidak cacat, biasanya bulat sempurna atau lonjong
Baca Juga :  Akar - Pengertian, Ciri ciri, Jenis,Fungsi, Bagian, dan Sifatnya

Bagian Biji

Pada umum nya biji memiliki 3 bagian penting yaitu kulit luar, cadangan makanan dan embrio, namun beberapa jenis biji juga membentuk satu lapisan dalam setelah kulit terluar yang disebut sarkotesta. Sarkotesta dibedakan menjadi dua jenis yaitu sklerotesta (lapisan bagian tengah dengan struktur yang keras dan tebal) dan endotesta (lapisan terdalam dengan struktur yang lebih tipis dan berdaging.

1. Kulit biji

Kulit luar biji atau biasa disebut testa terbentuk dari modifikasi intergumen ovule selama proses pembentukan biji. Sel malpighi dapat ditemukan pada beberapa jenis kulit biji. Sel malpighi merupakan suatu lapisan sel yang menyerupai palisade tanpa ruang interseluler. Kulit biji biasanya terdiri dari zat selulosa, lignin dan kitin.

2. Cadangan makanan

Semua biji pasti memiliki cadangan makanan di dalamnya. Bahkan sebagian tanaman menjadikan biji sebagai tempat cadangan makanan utama. Cadangan makanan ini berfungsi untuk memperkuat daya serap biji terhadap air dan unsur hara yang berguna untuk pertubuhan tanaman. Selain itu cadangan makanan ini berguna untuk menjadi sumber makanan sementara embrio di dalam biji untuk berkembang sampai biji dapat membentuk akar.

3. Embrio

Embrio merupakan bagian dari biji yang menjadi titik awal pertumbuhan suatu tanaman. embrio ini terbentuk dari proses pertemuan antara gamet jantan dan gamet betina. Posisi embrio sendiri di dalam biji yaitu tepat di inti biji dan di kelilingi oleh cadangan makanan. Embrio akan berkembang menjadi radikula (calon akar) dan kotiledon (bakal daun).

Fungsi Biji

Secara umum biji memiliki berbagai fungsi dan manfaat baik untuk tanaman itu sendiri ataupun untuk manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan fungsi dari biji.

Baca Juga :  Proses Fotosintesis - Rumus, Proses Secara Sederhana, dan Proses Secara Lengkap

1. Sebagai bahan makanan

Beberapa jenis biji sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi dan dijadikan pakan ternak. Beberapa dari kita mungkin sering mengkonsumsi biji-bijian sebagai pengganti nasi atau cemilan seperti jagung, almond, dan mete. Biji-bijian juga dapat dijadikan pakan ternak terutama unggas seperti kedelai, jagung dan sorgum.

2. Sumber informasi genetik

Bagi seorang pemulia tanaman, sebuah biji merupakan aset informasi genetik yang sangat berharga. Sebuah biji bisa mengandung ribuan informasi mengenai suatu sifat pada tanaman. oleh karena itu tidak jarang seorang pemulia suka mengkoleksi biji tanaman.

3. Bahan pembentuk tanaman baru

Biji dapat digunakan sebagai bahan pembentuk tanaman baru. Dengan menanamnya ditanah biji akan tumbuh dan berkembang menjadi tanaman baru yang memiliki sifat sama dengan tetuanya. Walaupun beberapa jenis tanaman berkembang biak tidak melalui biji (generatif).

 

Nah, demikian pembahasan kali ini mengenai bagian bagian biji mulai dari pengertian hingga disertai gambarnya, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Bagian Bagian Daun – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Metabolisme Protein – Pengertian Dan Proses Terjadinya Pada Tubuh

Alat Pernapasan Manusia – Penjelasan Dan Fungsinya