Bagian Mata Beserta Fungsinya

Posted on

Hai sahabat biologi, ketemu lagi dengan guru biologi yang kali ini akan memberikan pembahasan mengenai salah satu organ paling penting dan vital untuk kita. Yakni organ penglihatan yang akan dibagian mulai dari bagian mata beserta dengan fungsinya.

Mata merupakan salah satu organ luar pada manusia yang memiliki fungsi sangat penting karena mata merupakan organ penglihatan yang bisa mendeteksi cahaya untuk kemudian mengubahnya menjadi impuls elektrokimia yang terdapat pada sel saraf.

Keberadaan mata sendiri pastinya sangat penting bagi sahabat biologi semua, sebab dengan kehadiran organ satu ini kita bisa melihat semuanya ya. Seperti melihat segala objek yang ada di depan sahabat biologi dengan bantuan dari cahaya.

Mata sendiri terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi sangat penting, dan apabila beberapa bagian tidak berfungsi secara baik maka dapat membuat mata tak bisa bekerja secara optimal.

 

 

Bagian Bagian Mata Dan Fungsinya

Bagian bagian mata dibedakan menjadi dua yaitu bagian luar dan bagian dalam dan berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Bagian Luar Mata

Bagian luar mata terdiri dari 4 bagian yang bisa dilihat secara langsung, berikut ini adalah bagian luar dari mata:

1.) Kelopak Mata

Fungsi dari bagian mata yang satu ini adalah sebagai pelindung. Kelopak mata digunakan untuk menutup mata kita dan menjaganya ketika ada bahaya yang mengancam. Seperti masuknya benda asing ke dalam mata yang pastinya akan sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Seperti asap, kotoran bahkan debu.

2.) Bulu Mata

Bagian mata yang satu ini merupakan bagian yang paling mudah untuk diidentifikasi dan memiliki fungsi untuk mencegah masuknya objek kecil ke dalam mata.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Akar Serabut dan Akar Tunggang

3.) Alis Mata

Tidak hanya sebagai hiasan, keberadaan alis mata juga sebagai penahan keringan yang berasal dari atas dahi. Keringat yang masuk ke mata akan membuat mata perih. Jadi jangan cukur alis hingga tipis ya. Agar fungsinya tidak terganggu.

4.) Kelenjar Air Mata

Sesuai dengan namanya, kelencar ini adalah penghasil air mata. Air mata sendiri tidak hanya muncul pada saat sahabat biologi menangis. Tapi air mata akan muncul pada saat mata kita kering, jadi fungsinya untuk membahasi mata agar tetap lembab.

 

Bagian Dalam Mata

Untuk bagian dalam mata merupakan bagian yang khusus berada di bagian dalam dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi mata. Berikut ini adalah bagian dan fungsinya.

1.) Kornea

Bagian ini terletak di lapisan paling luar dan merupakan selaput bening yang memiliki sifat transparan sehingga memungkinkan cahaya untuk bisa masuk ke dalam sel – sel penerima cahaya yang ada di dalam bola mata dan memiliki fungsi untuk melindungi mata dari benda asing dan melakukan reflasi di lensa mata.

2.) Iris

Iris memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya pupil dan memberikan warna pada mata sehingga setiap warna pada mata seseorang bisa berbeda – beda dan hal ini dipengaruhi juga oleh ras dan tempat tinggal seseorang tersebut.

3.) Pupil

Pupil adalah bagian mata yang memiliki lubang kecil dan berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke bola mata.

4.) Retina

Retina memiliki nama lain yakni selaput jala. Hal ini karena retina memiliki bentuk seperti lapisan jaring yang tipis. Dan berupa sekumpulan sel yang terletak di belakang bola mata.

Baca Juga :  Sistem Endokrin – Fungsi, Organ Dan Gambarnya

Fungsi dari retina sendiri adalah sebagai penangkap bayangan yang terbentuk oleh organ lensa mata. Lalu bayangan ini akan diubah menjadi sinyal saraf yang dikirim ke otak.

5.) Lensa

Bagian ini memiliki fungsi untuk membentuk sebuah gambar yang diteruskan pada retina.

6.) Koroid

Organ mata bagian dalam yang satu ini bentuknya seperti sebuah dinding yang memang bertugas sebagai pelindung mata sahabat biologi. Di mana fungsi dari organ ini adalah untuk memberikan suplai oksigen. Beserta menutrisi bagian mata yang lain.

7.) Aqueos Humor

Aqueos Humor berbentuk seperti cairan yang mirip dengan plasma berlendir dan bentuknya juga transparan. Bagian ini memiliki konsentrasi protein yang rendah. Organ ini sendiri memiliki fungsi untuk menjadi struktur pendukung dari organ lensa.

8.) Vitreous Humor

Bagian ini biasa dikenal juga dengan vitreous yang berbentuk seperti jel, bagian ini memiliki fungsi untuk mengisi ruang antara retina dan lensa.

9.) Saraf Optik

Bisa dibilang organ satu ini memiliki peranan yang sangat penting. Sebab fungsi dari saraf optik sendiri adalah sebagai penerus informasi yang berupa bayangan benda yang sebelumnya ditangkap oleh retina. Lalu diubah menjadi sinyal dan dikirimkan ke saraf optik.

Nah, organ inilah yang menentukan bentuk dari benda yang ditangkap oleh mata sahabat biologi.

10.) Bintik Kuning

Bagian mata ini sangat sensitif terhadap cahaya karena jika ada bayangan benda jatuh di atas bintik kuning maka benda akan terlihat dengan jelas dan sebaliknya jika bayangan benda yang jatuh sebelum atau sesudah di bagian ini maka akan membuat benda tersebut terlihat kabur dan kurang jelas.

11.) Bintik Buta

Bagian ini disebut dengan blind spot dan merupakan bagian mata yang tidak sensitif terhadap cahaya, fungsinya sendiri berbeda dengan bintik kuning karena jika bayangan yang jatuh pada bintik buta maka benda tersebut akan terlihat dengan jelas oleh mata

Baca Juga :  Cara Bernafas Tumbuhan

12.) Otot Mata

Fungsi dari bagian mata ini adalah untuk membantu lensa mata dalam membuat lensa mencembung atau pun memipih, proses ini sendiri disebut dengan akomodasi mata.

13.) Sklera

Bagian mata yang satu ini berupa dinding putih mata dan disebut juga dengan selaput mutih yang memiliki ketebalan sekitar 1 milimeter hingga 3 milimeter. Sklera sendiri bertugas sebagai pelindung dari struktur mata.

Selain itu organ ini juga bertugas untuk mempertahankan bentuk mata agar tidak berubah.

 

Nah, sekarang sahabat biologi sudah tahu dong, bagian mata beserta dengan fungsinya yang sudah guru bahas secara lengkap dan mudah untuk dipahami. Selamat belajar dan Wassalam…

Artikel Lainnya:

  1. Sintesis protein – Diagram,Skema,dan Tujuannya
  2. Daur Air – Proses, Gambar, Urutan, dan Tahap Tahapnya
  3. Hewan omnivora – Ciri Ciri, Penjelasan, Contoh, dan Gambar