Bagian – Bagian Telinga – Pengertian, Fungsi dan Gambar

Posted on

Bagian Bagian Telinga – Pengertian, Fungsi dan Gambar

Ekosistem.co.id – Setiap makhluk hidup pasti mempunyai telinga. Apakah telinga itu? Telinga merupakan salah satu bagian dari makhluk hidup yang berfungsi sebagai indra pendengaran. Manusia sendiri mempunyai dua telinga untuk mendengar dan menjaga keseimbangan posisi tubuh. Telinga juga memiliki batasan frekuensi suara yang dapat di dengarnya, yaitu sekitar 20 Hz – 20.000 Hz, jika frekuensi suara yang di terima oleh telinga melebihi batasnya, maka akan muncul rasa sakit yang bisa mengakibatkan gangguan pada indra pendengaran ini.

Bagian – Bagian Telinga dan Fungsinya

Telinga di bagi menjadi 3 bagian, yaitu telinga dalam, tengah dan luar yang memiliki fungsi masing-masing yang tidak kalah penting

Telinga Dalam

Telinga dalam (auris interna) mempunyai fungsi untuk mendeteksi suara dan keseimbangan. Telinga dalam sendiri letaknya berada pada bagian dalam tulang temporal. Dan tulang dalam terdiri dari organ koklea dan vestibularis dengan kanalis semisirkularis,  sakulus dan juga terdiri dari utrikulus. Pada telinga dalam fungsi ini di bantu oleh koklea yang merupakan bagian utama yang membuat telinga mampu berfungsi sebagai organ pendengaran.

Sistem keseimbangan tubuh yang kita miliki membuat kita bisa mengatur posisi tubuh saat duduk, berdiri, berjalan dan melakukan gerakan lain.

Sinyal yang diterima dari telinga dalam, pandangan mata, serta alat gerak tubuh ini sendiri merupakan beberapa faktor yang membantu tubuh mengendalikan keseimbangan. Sistem ini dikenal juga sebagai sistem vestibularis. sedangkan kanalis semisirkularis adalah bagian berbentuk semi lingkaran yang berisi cairan dan sensor yang berupa rambut halus, di bagian ujung lingkaran terdapat organ bernama utrikulus dan sakulus, di dalam sel ini pun terdapat bagian kecil bernama otokonia yang sangat berperan dalam menjaga keseimbangan.

Baca Juga :  Fungsi Trakea Pada Hewan Serangga dan Manusia

Saat beraktivitas sehari-hari keberadaan telinga tidak dapat di rasakan, terlebih lagi telinga bagian dalam yang tidak terlihat. Meski demikian, keberadaan telinga sangatlah penting bagi manusia, selain untuk menjaga keseimbangan juga bisa berfungsi sebagai indra pendengaran dan memudahkan manusia dalam menjalani hidupnya.

Telinga Tengah

Telinga tangah merupakan bagian telinga yang terletak di antara telinga bagian luar dan telinga bagian dalam. Batas antara telinga bagian luar dengan telinga bagian tengah adalah membran timpani atau yang sering di sebut dengan gendang telinga. Bentuk dari telinga bagian tengah ini menyerupai kubah dengan enam sisi.

Membran tipani atau gendang telinga yang berada di telinga bagian tengah adalah sebuah selaput yang memisahkan antara telinga luar dan telinga tengah yang memiliki diameter 1cm dan berbentuk cekung. Fungsi dari gendang telinga ini adalah untuk merespon suara yang ditandai dengan adanya getaran.

Rongga timpani adalah bagian setelah membran timpani yang terdiri dari tiga tulang pendengaran dan dua otot pendengaran. Tulang pendengaran (osikel) adalah penghubung antara telinga tengah dan telinga dalam yang terdiri dari maleus, bagian yang menempel pada membran timpani yang berfungsi sebagai penerus getaran yang masuk ke dalam telinga, selanjutnya ada incus yang terletak dekat dengan maleus berfungsi untuk memberikan respon tulang maleus, incus sendiri memiliki bentuk seperti landasan pesawat sehingga biasa di sebut sebagai tulang landasan, yang terakhir adalah stapes atau sanggurdi yang berfungsi sebagai penerus getaran dari tulang stapes dan mengalirkan gelombang suara tersebut ke telinga dalam.

Di dalam rongga timpani juga terdapat sebuah otot pendengaran yaitu, otot tensor timpani yang berada ditulang maleus atau martil yang berfungsi untuk menarik gendang telinga ke dalam dan membuatnya tegang, yang kedua adalah otot stapedius yang berada di tulang stapes yang memiliki fungsi sebagai melindungi telinga dari suara keras dan mengurangi pergerakan tulang stapes.

Baca Juga :  Lumut Kerak - Penjelasan, Manfaat, Ciri Ciri, Contoh Beserta Gambar

Telinga Luar

Telinga luar berfungsi menangkap dan menyalurkan getaran suara ke gendang telinga yang terdiri dari daun telinga (pinna) yang terbentuk dari tulang rawan, adapun fungsi dari daun telinga adalah untuk mengumpulkan dan menyalurkan ke saluran telinga, daun telinga juga berfungsi sebagai pendeteksi arah datangnya suara. Adapun bagian telinga luar yang kedua adalah liang telinga atau saluran telinga. Saluran telinga pada orang dewasa memiliki panjang sekitar 3 cm dan menyerupai huruf S. Pada bagian saluran telinga tersusun dari tulang rawan dan tulang keras berfungsi sebagai penyalur suara antara telinga luar ke bagian telinga tengah.

Demikian pembahasan kali ini mengenai bagian – bagian telinga, semoga dengan ini dapat membantu sahabat biologi belajar ya, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

Ciri – Ciri Akar Serabut dan Akar Tunggang

Pengertian Bioma – Jenis, Fungsi, Faktor, Ciri-cirinya

Ekosistem adalah – Pengertian, Jenis, Fungsi, Komponen