Bagian-Bagian Ginjal Fungsi Dan Penjelasannya

Posted on

Bagian-Bagian Ginjal Fungsi Dan Penjelasannya

Bagian-Bagian Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh, ginjal sendiri memiliki fungsi yang cukup vital sehingga organ yang satu ini harus benar-benar dijaga agar tidak mengakibatkan kerugian terhadap tubuh. Karena ketika ginjal mengalami kerusakan maka akan merusak organ tubuh yang lainnya. Tak heran jika ginjal selalu dijaga kesehatannya agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan nantinya.

Ginjal sendiri bertugas untuk menyaring darah sehingga dianggap sebagai organ yang paling penting di dalam tubuh. Setiap manusia memiliki sepasang ginjal di dalam tubuhnya. Pada saat salah satu ginjal mengalami kerusakan, maka ginjal tersebut harus dianggap dan diganti dengan ginjal baru yang diperoleh melalui proses operasi tranplantasi ginjal. Untuk melakukan proses transplantasi ginjal ini, yang menerima dan memberikan ginjal harus memiliki jenis golongan darah yang sama.

Manusia bisa menyumbangkan salah satu organ ginjal miliknya untuk orang lain dan hidup hanya dengan menggunakan satu ginjal saja. Ya pada umumnya manusia masih bisa menggunakan satu organ ginjal saja dan masih bisa bertahan hidup seperti orang normal lainnya. Hanya saja pada saat memiliki satu ginjal di dalam tubuhnya, manusia tidak bisa melakukan aktifitas berat seperti biasa.

Karena hanya memiliki satu ginjal saja, maka aktifitas yang dilakukan sehari-hari harus mulai dibatasi. Manusia yang hidup dengan satu ginjal biasanya akan mulai cepat lelah dan tidak bisa melakukan banyak kegiatan yang menguras fisik. Oleh sebab itu meski menyumbangkan satu ginjal untuk orang lain, sebenarnya cara ini juga cukup bersiko mengingat orang yang diambil ginjalnya akan hidup dengan satu ginjal dan tak bisa lagi berkegiatan bebas seperti biasa, setiap aktifitas dan gerakannya dibatasi.

Baca Juga :  Bagian Mata Beserta Fungsinya

Ginjal memiliki beberapa bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah anatomi ginjal manusia.

Ginjal berada di sepanjang dinding otot pada bagian belakang (otot posterior) rongga perut, ginjal sendiri memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kacang dan memiliki ukuran sebesar kepalan tangan manusia deawa. Ginjal memiliki sepasang ureter untuk melengkapinya, sebuah kandung kemih dan juga uretera yang akan membawa urine keluar.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manusia memiliki sepasang ginjal yang pada bagian kirinya terletak sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan ginjal bagian kanan, hal ini disebabkan oleh adanya organ hati yang mendesak posisi ginjal bagian kanan. Tulang rusuk dan otot punggung manusia memiliki tugas untuk melindungi organ ginjal di dalam tubuh. Selain itu jaringan adipose atau jaringan lemak yang mengelilingi ginjal dan memiliki peran untuk memberikan bantalan pelindung bagi organ ginjal di dalam tubuh manusia.

Ginjal manusia secara umum dibagi menjadi tiga bagian, mulai dari yang paling luar ke bagian yang paling dalam yakni korteks ginjal, medula ginjal, dan pelvis ginjal.

 

Berikut Ini Adalah Bagian Bagian Ginjal Beserta Fungsi Dan Penjelasannya

  1. Korteks Atau Cortex

Korteks merupakan bagian dari ginjal yang paling luar, tepi korteks ginjal ini sendiri dikelilingi oleh kapsul ginjal dan juga jaringan lemak yang memiliki fungsi untuk melindungi bagian dalam pada ginjal.

 

  1. Medula Atau Medulla

Medula ginjal merupakan jaringan ginjal yang memiliki bentuk halis dan dalam, medulla ini memiliki bentuk yang berisi dan lengkung Henle dan juga piramida ginjal yakni sebuah struktur kecil yang terdapat nefron serta tubulus di dalamnya. Tubulus ini memiliki tugas untuk mengangkut cairan ke ginjal yang lalu bergerak untuk menjauhi dari nefron dan menuju ke pada bagian yang mengumpulkan dan juga mengangkut urine keluar dari ginjal tubuh manusia.

Baca Juga :  Jaringan Tumbuhan - Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Contoh dan Gambar

 

  1. Pelvis Ginjal Atau Renal Pelvis

Bagian ginjal yang bernama pelvis ginjal ini merupakan ruang yang memiliki bentuk corong pada bagian paling dalam dari ginjal itu sendiri. Bagian ini memiliki fungsi sebagai jalur untuk cairan dalam menuju perjalanan ke kandung kemih. Bagian pertama dari bagian pelvis ginjal ini mengandung calyces dan merupakan ruang yang memiliki bentuk seperti cangkir kecil yang mengumpulkan cairan sebelum akhirnya cairan tersebut bergerak ke kandung kemih.

 

Hilum merupalan lubang yang berbentuk kecil dan letakknya berada di bagian dalam ginjal, di mana organ ini memiliki bentuk melengkung ke dalam dengan fungsi untuk menciptakan bentuk seperti kacang yang berbeda. Pelvis ginjal akan melewatinya serta:

  • Arteri Ginjal yang akan membawa darah yang kaya dan juga oksigen dari jantung ke ginjal untuk proses filtrasi.
  • Vena Ginjal membawa darah yang disaring dari ginjal untuk kembali lagi ke jantung.
  • Ureter merupakan tabung otor yang mendorong urine ke dalam kandung kemih

Nah sudah tahu kan bagian-bagian ginjal beserta fungsi dan penjelasnnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua dan memberikan ilmu tambahan ya.