Bagian Bagian Daun – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Posted on

 

 

Ekosistem.co.id – Bagian bagian daun merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk dipelajari. Apalagi fungsi daun pada tumbuhan juga sangat penting, bahkan beberapa tumbuhan tidak dapat bertahan hidup jika daunnya mati.

Dan pastinya hal ini juga hanya berkalu pada tumbuhan yang berdaun saja ya, karena ada pula tumbuhan yang tidak berdaun.

Untuk itu Guru sudah merangkum ulasan lengkap tentang bagian bagian daun mulai dari pengertian, struktur, fungsi hingga gambarnya secara lengkap di bawah ini.

 

Struktur Bagian Daun

Daun terdiri dari dua struktur dan terbagi dalam bagian dalan daun dan bagian luar daun. Simak di bawah ini penjelasan dan ulasan lengkapnya :

Struktur Bagian Luar Daun

 

Jika berdasarkan pada struktur luarnya, struktur morfologi daun adalah sebagai berikut ini :

1.) Helai Daun (lamina)

Setiap tumbuhan memiliki bentuk helai daun yang berbeda-beda dan bentuknya sendiri tergantung oleh jenis dari tumbuhan itu sendiri. Ada helai yang bentuknya tipis dan ada pula yang berhelai tebal.

Helai bisa dibilang menjadi bagian penting dari bagian daun karena di sinilah proses fotosintesis dilakukan.

2.) Tangkai Daun (petiolus)

Tangkai merupakan bagian daun yang menempel di bagian batang dan bertugas untuk memopang helai daun. Tapi tidak semua tumbuhan memiliki tangkai, karena ada pula tumbuhan dengan daun yang lansung memopang di batangnya.

Salah satu contohnya seperti rumput.

3.) Pelepah Daun (folius)

Pelepah daun berfungsi sebagai penunduk daun di batang dan beberapa pelepah memiliki organ khusus yang ada pada bagian kanan dan kiri. Meski tidak semua pelepah memiliki ya.

Baca Juga :  Tulang Belakang – Bagian, Fungsi, Lengkap dengan Gambar

Pelepah daun ini sendiri juga disebut dengan istilah ketiak daun yang pada bagian ini ditemukan sebuah kuncuk yang dapat berkembang sebagai tunas cabang.

Daun akan disebut dengan daun sempurna jika memiliki 3 komponen penting di dalamnya, mulai dari helai, tangkai dan pelepah. Dan jika salah satu bagian tersebut tidak dimiliki. Maka daun tersebut termasuk dalam daun tidak sempurna.

 

Struktur Bagian Dalam Daun

 

Untuk struktur bagian dalam daun terdiri sebagai berikut ini, simak pula penjelasan lengkapnya :

1.) Epidermis

Epidermis merupakan lapisan sel hidup yang letaknya berada paling luar dari bagian daun. Bagian ini pun terdiri atas dua lapisan yakni epidermis bagian atas dan epidermis bagian bawah.

Fungsi dari epidermis adalah untuk melindungi jaringan yang ada pada bagian bawah daun.

 

2.) Jaringan Mesofil

Mesofil merupakan jaringan yang tersusun dari sel sel parenkim yang bentuknya cukup longgar. Sehingga dapat menjadi ruang antar sel atau disebut dengan rongga sel.

Jaringan mesofil ini pun dibagi ke dalam dua bagian, yakni :

1.) Jaringan Tiang

atau disebut dengan Palisade dan merupakan jaringan dengan banyak kloroplas di dalamnya. Jaringan ini bertugas untuk membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan.

2.) Jaringan Bunga Karang atau Jaringan Spons

merupakan sebuah jaringan memiliki rongga lebih besar dari Jaringan Tiang. Karena jaringan ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan dari cadangan makanan.

3.) Berkas Pembuluh Angkut

Berkas Pembuluh Angkut dapat ditemukan di tulang daun dan memiliki fungsi sebagai alat pengirim serta penguat daun. Berkas pembuluh angkut ini sendiri dibagi ke dalam 2 macam bagian, yakni :

1.) Xilem (pembuluh kayu)

Xilem berfungsi sebagai pengangkut air mau pun mineral yang berasal dari akar menuju ke bagian tumbuhan termasuk daun.

2.) Floem (pembuluh tapis)

Floem berfungsi untuk menyebarkan hasil proses fotosintesis yang dilakukan oleh daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Baca Juga :  Fungsi Daun Pada Tumbuhan

 

3.) Stomata

Stomata berfungsi sebagai organ yang membantu proses respirasi karena ketika mengambil CO2 dari udara sebagai bahan proses fotosintesis. Stomata akan mengeuarkan O2 sebagai hasil dari proses fotosintesis, Stomata ini sendiri dapat ditemukan di epidermis bawah.

Bagi tumbuhan tingkat tinggi, mereka dapat bernapas lewat lentisel yang terletak pada batang tumbuhan.

 

4.) Jaringan Tambahan Pada Daun

Daun juga memiliki bagian tambahan yang terdiri dari sel khusus yang letaknya berada pada mesofil. Misalnya seperti sel kristal dan kelenjar.

 

Struktur Bagian Dalam Daun Dikotil

 

Daun pada tumbuhan dikotil pastinya memiliki struktur bagian yang berbeda dengan daun pada umunnya. Dan berikut ini adalah struktur bagian dalam yang ada pada tumbuhan dikotil.

1.) Epidermis

Epidermis yang ada pada daun dikotil terdiri dari hanya satu lapis sel saja. Bagian ini juga bisa ditemukan baik di bawah mau pun di lapisan atas dari daun.

2.) Kutikula

Kutikula pada tumbuhan dikotil memiliki permukaan atas dan bawah daun yang sama seperti epidermis. Namun berbeda dengan epidermis, kutikula ini berfungsi sebagai pelapis permukaan atas dan bawah bagi daun.

3.) Stomata

Letak stomata adalah di lapisan bawah dan atas daun dan memiliki fungsi sebagai jalan masuk keluarnya udara pada daun.

4.) Mesofil

Jaringan ini berada pada lapisan atas dan bagian bawah epidermis dengan fungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

5.) Urat Daun

terletak pada helai daun dan berfungsi sebagai alat transport bagi zat zat yang dibutuhkan oleh daun.

 

Struktur Bagian Dalam Daun Monokotil

 

Sementara itu struktur daun mokotil pada bagian dalamnya adalah sebagai berikut :

1.) Epidermis

Terletak di lapisan atas dan bawah daun, epidermis pada daun monokotil berguna sebagai pelindung dari lapisan sel dalam dari kekeringan.

2.) Stomata

Stomata terletak dekat urat daun dan berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara karena bagian ini termasuk sebagai organ pada proses respirasi bagi tumbuhan.

Baca Juga :  Sel Sperma – Penjelasan Secara Lengkap Beserta Gambar

3.) Mesofil

Di dalam mesofil terdapat ruang antar sel yang memungkinkan daun dapat berkembang dengan baik.

4.) Urat Daun

Fungsi urat daun pada tumbuhan mokotil adalah sebagai alat pengantar zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Bentuknya menjalar atau menyirip dan sangat berbeda dengan bentuk urat daun pada tumbuhan dikotil.

 

Fungsi Daun

1.) Tempat Berlangsungnya Fotosintesis

Fotosintesis adalah sebuah proses pengolahan atau produksi makanan dari karbondioksida CO2 melalui stomata dan air yang akan dijadikan zat tepung dengan menggunakan bantuan dari energi cahaya.

Di dalam tumbuhan dikotil, proses fotosintesis ini terjadi pada jaringan parenkim palisade, sementara pada tumbuhan monokotil fotosintesis ini terjadi di jaringan spons.

 

2.) Sebagai Alat Respirasi

Daun menjadi tempat proses respirasi dilangsungkan dan proses ini dibantu oleh stomata.

 

3.) Sebagai Alat Reproduksi Vegetatif

Pada beberapa jenis tumbuhan salah satunya seperti cocor bebek, daun dapat menjadi alat reproduksi vegetatif yang dapat membentuk tunas daun dan daun ini memiliki fungsi untuk memperbanyak diri.

 

4.) Mengatur Proses Transpirasi

Daun juga menjadi alas untuk melakukan proses transpirasi atau penguapan air melalui mulut daun atau stomata atau dapat juga menggunakan kutikula yang terdapat di permukaan daun dan lebih banyak berada pada bagian bawah daun.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai struktur pada daun berserta dengan fungsinya yang telah kami sediakan secara khusus untuk sahabat biologi semuanya. selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :