Bagian Bagian Daun – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Posted on

Bagian Bagian Daun – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Ekosistem.co.id – Daun merupakan bagian yang paling penting bagi tumbuhan, daun sendiri memiliki fungsi yang sangat penting. Bagian bagian daun yang ada pada tumbuhan memiliki peran masing masing yang mendukung kehidupan tumbuhan.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai bagian bagian daun yang telah kami rangkum secara lengkap untuk sahabat belajar di bawah ini.

Struktur Bagian Daun

Terdapat dua struktur atau bagian pada daun yakni bagian dalam daun dan bagian luar daun, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Struktur Bagian Luar Daun

Daun sempurna memiliki tiga bagian luar yaitu :

  • Pelepah dan yang berfungsi untuk mendudukkan daun pada batang.
  • Tangkai daun atau petioles yang berfungsi untuk menghubungkan pelepah atau batang dengan helai daun.
  • Helai daun atau lamina merupakan salah satu bagian yang penting bagi daun karena bagian ini merupakan organ dari daun yang melakukan fotosintesis.

 

  1. Struktur Bagian Dalam Daun

Sedangkan struktur bagian di dalam daun adalah sebagai berikut ini :

Epidermis

Bagian ini adalah lapisan sel hidup paling luar dari daun dan jaringan ini sendiri terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah dengan fungsi untuk melindungi jaringan yang terdapat pada bagian bawah daun.

Jaringan Mesofil

Jaringan ini sendiri dibagi menjadi 2 bagian, berikut ini adalah bagian dan penjelasannya :

  1. Jaringan tiang atau disebut juga dengan jaringan palisade adalah jaringan yang mengandung banyak sekali kloroplas yang berperan di dalam proses pembuatan makanan.
  2. Jaringan bunga karang atau bisa juga disebut dengan jaringan spons yang adalah jaringan yang lebih berongga apabila dibandingan dengan jaringan palisade, jaringan spons ini sendiri memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.
Baca Juga :  Bonsai Kelapa - Cara Cepat Menumbuhkan Tunas Dan Merawatnya

Berkas Pembuluh Angkut

Berkas pembuluh angkut merupakan bagian dari daun yang terbagi menjadi dua bagian, berikut ini adalah bagian dan penjelasannya.

  1. Xilem (pembuluh kayu)

Bagian yang pertama adalah Xilem yang berfungsi untuk mengangkut air dan mineral menuju ke daun pada akar, sementara pada batang xilem ini berfungsi sebagai sponsor penegak sebuah tumbuhan.

  1. Floem (pembuluh tapis)

Bagian yang kedua adalah floem yang berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Stomata

Bagian luar dari daun yang terakhir adalah stomata yang memiliki fungsi sebagai organ respirasi, pada saat mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, stomata mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Letak stomata ini sendiri berada di epidermis bawah, karena selain stomata tumbuhan tingkat tinggi juga dapat bernapas melalui lentisel yang letaknya berada di batang.

 

Jaringan Tambahan Pada Daun

Selain dua bagian di atas daun juga memiliki bagian tambahan yakni sel sel khusus yang pada umumnya terletak di mesofil daun, contohnya seperti sel sel kristal dan juga kelenjar.

 

Fungsi Daun

Daun sendiri tentu merupakan bagian paling penting pada tumbuhan, dan daun memiliki beberapa fungsi penting bagi tumbuhan. Berikut ini adalah fungsi daun pada tumbuhan yang harus sahabat belajar ketahui :

  1. Tempat Berlangsungnya Fotosintesis

Fungsi yang pertama dari daun tentu saja sebagai tempat untuk melakukan fotosintesis. Proses ini sendiri merupakan proses pengolahan atau produksi makanan dari karbondioksida CO2 melalui stomata dan air yang akan dijadikan zat tepung dengan menggunakan bantuan dari energi cahaya.

Di dalam tumbuhan dikotil, proses fotosintesis ini terjadi pada jaringan parenkim palisade, sementara pada tumbuhan monokotil fotosintesis ini terjadi di jaringan spons.

  1. Sebagai Alat Respirasi
Baca Juga :  Manfaat Glukosa Bagi Tubuh Manusia dan Penjelasannya

Stomata yang terdapat pada daun ini memiliki fungsi sebagai alat respirasi atau alat pernapasan yang digunakan untuk bernapas.

  1. Sebagai Alat Reproduksi Vegetatif

Pada beberapa jenis tumbuhan salah satunya seperti cocor bebek, daun dapat menjadi alat reproduksi vegetatif yang dapat membentuk tunas daun dan daun ini memiliki fungsi untuk memperbanyak diri.

  1. Mengatur Proses Transpirasi

Daun juga menjadi alas untuk melakukan proses transpirasi atau penguapan air melalui mulut daun atau stomata atau dapat juga menggunakan kutikula yang terdapat di permukaan daun dan lebih banyak berada pada bagian bawah daun.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai struktur pada daun berserta dengan fungsinya yang telah kami sediakan secara khusus untuk sahabat belajar semuanya, selamat belajar dan semoga bermanfaat.