Bagian – Bagian Bunga Kamboja

Posted on

Bunga Kamboja

Ekosistem.co.id – Pernahkan sahabat biologi melihat bunga kamboja? Ya, bunga yang umum memiliki warna putih dan beraroma sangat sedap ini diidentikan dengan mitos mitos aneh yang menyelimutinya.

Bagaimana tidak, bunga ini selalu hadir dan dapat ditemukan di pemakaman karena memang pohonnya banyak ditemukan di pemakaman.

Maka tak heran ya, jika banyak yang menganggap bunga kamboja ini sebagai bunga kematian.

 

 

Sekilas Tentang Tanaman Kamboja

Kamboja memiliki tinggi antara 3 hingga 7 meter dan memiliki getah putih di batangnya. Tanaman ini berasal dari daerah Amerika Tropik dan biasa digunakan sebagai tanaman hias. Namun di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak ditemukan di area pemakanan.

Tanaman kamboja bisa menyesuaikan diri di lingkungan apa saja karena dapat tumbuh di dataran rentah mau pun dataran tinggi yang memiliki ketinggian hingga 700mdpl.

Bentuk dari tanaman ini berupa batang besar dan bengkok dengan tekstur keras, memiliki banyak cabang yang juga besar dan berdaging.

Bunga kambojanya sendiri memiliki lima helai kelopak dengan ukuran yang hampir sama. Bunganya sendiri akan tumbuh secara bergerombol pada tiap ujung cabangnya.

 

 

Jenis Bunga Kamboja

Bunga ini sendiri terdiri dari tiga jenis yang berbeda-beda meski umumnya yang kita kenal adalah bunga kamboja putih. Namun sahabat bisa membaca penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja jenis jenis bunga kamboja :

Baca Juga :  Homeostasis Adalah – Fungsi, Komponen, Faktor Yang Mempengaruhi dan Contoh

1.) Bunga Kamboja Merah

Bunga kamboja merah memiliki daun yang agak panjang dan bentuknya runcing dengan warna hijau tua yang berbulu. Bunga ini memiliki warna dan bentuk yang indah serta sangat sering berbunga sehingga sangat pas menjadi tanaman hias.

 

2.) Bunga kamboja putih atau Adenium White Knight

Jenis ini merupakan jenis yang biasa kita lihat dan umum ditemui dengan warna bunga putih bersih dan daun hijau tua tapi tidak memiliki bulu. Ukuran bunga ini lebih besar dibanding dengan jenis lainnya.

 

3.) Bunga Kamboja pink

Berasal dari Angola Selatan bunga ini biasa ditemukan di daerah bebatuan dan dapat berbunga setiap 1 hingga 2 minggu. Terbilang lebih lambat dibanding jenis yang lainnya.

 

 

Klasifikasi Bunga Kamboja

Kingdom Plantae
Divisi Spermatophyta
Subdivisi Angiospermae
Kelas Dicotyledoneae
Ordo Apocynales
Famili Apocynaceae
Genus Plumeria L.
Spesies Plumeria sp
Kingdom Plantae

 

 

Bagian Bagian Bunga Kamboja

bunga ini memiliki bentuk yang indah dan termasuk ke dalam bunga sempurna yang memiliki bagian bagian bunga yang lengkap. Mau tahu, apa saja bagian bagian bunga kamboja?

Simak di bawah ini deh, penjelasan lengkapnya.

1.) Batang Bunga

Bagian pertama dari bunga kamboja ini disebut batang bunga atau batang bunga ibu dan memiliki nama Latin Rachis atau Penduluncus. Bagian ini adalah sumbu bunga yang terdapat pada lampiran batang atau cabang.

 

2.) Tangkai Bunga

Bagian yang kedua pastinya adalah tangkai bunga yang memiliki nama latin pedicellus. Bagian ini adalah bagian bunga yang letaknya berada tepat pada bagian bawah bunga yang mendukung munculnya bunga.

Fungsi dari bagian ini sendiri adalah sebagai penghubung di antara bunga dengan ranting bunga yakni untuk memopang bunga.

Baca Juga :  Fungsi Alveolus

 

3.) Dasar Bunga

Bagian berikutnya dari bunga kamboja adalah dasar bunga. Bagian ini memiliki nama latin receptacle. Dan merupakan bagian ujung bunga yang melekat dan juga bertumbu pada mahkota bung.

Bagian ini berfungsi sebagai tempat bertumpunya atau letak dari mahkota bunga.

 

4.) Daun Pelindung

Bagian yang berikutnya adalah daun pelindung dengan nama latin brachtea. Bagian ini merupakan daun yang berada di ketiak bunga.

Daun pelindung ini sendiri adalah daun terakhir yang dimiliki oleh bunga ini dan memang keberadaannya memiliki fungsi untuk melindungi bunga.

 

5.) Daun Tangkai

Daun tangkai memiliki nama latin brachteola adalah daun yang letaknya berada di pangkal tangkai bunga yang memiliki fungsi sebagai pelindung.

 

6.) Kelopak Bunga

Bagian dari bunga kamboja yang lainnya adalah kelopak bunga, bagian ini memiliki nama latin sepal. Bagian bunga ini memiliki fungsi untuk melindungi dan juga menyelimuti mahkota pada saat bunga masih kuncup.

Warna dari kelopak bunga sama seperti warna pada daun, yakni berwarna hijau.

 

7.) Mahkota Bunga

Corolla adalah nama latin dari mahkota bunga dan merupakan bagian yang paling penting bagi bunga kamboja. Bagian ini tak  hanya sangat penting tapi juga merupakan bagian yang paling indah dari sebuah bunga, salah satunya seperti bunga kamboja.

Pada dasarnya bagian ini memiliki warna yang beraneka ragam dan sangat menarik. Karena keindahan yang dimiliki oleh bagian inilah membuat bagian ini atau mahkota bunga ini disebut dengan perhiasan bunga.

Warna cantik dan beraneka ragam yang dimiliki oleh bagian mahkota bunga ini tak hanya cantik. Tapi juga memiliki fungsi untuk memikat banyak serangga agar mau mendekat sehingga akan dapat terjadi proses penyerbukan.

 

8.) Benang Sari

Benang sari atau yang memiliki nama latin stamen ini adalah bagian yang sangat penting bagi sebuah bunga atau bunga kamboja. Karena bagian ini merupakan alat kelamin jantan yang terdapat pada bunga.

Baca Juga :  Burung Pipit - Jenis, Beserta Pengertian Burung Pipit Yang Tinggal di Sawah

Fungsinya sebagai alat perkembangbiakan bunga atau fertil yang terdiri dari kepala sari atau anthera, serbuk sari atau polen, tangkai sari atau filament hingga penunjang kepala sari.

 

9.) Putik

Dan bagian yang terakhir dari bunga kamboja adalah putik yang memiliki nama latin pistil. Bagian ini adalah alat perkembangbiakan yang dimiliki oleh betina dan memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan benang sari.

Jika benang sari adalah alat kelamin pada jantan maka putik adalah alat kelamin yang dimiliki oleh betina. Pada putik terdapat bakal bunga dan bakal biji. Putik sendiri letaknya berada di tengah tengah bagian bunga yang dikelilingi oleh benang sari.

Putik sendiri merupakan bagian bunga kamboja yang memiliki dua bagian yaitu kepala putik dan juga tangkai putik

 

 

Filosofi Bunga Kamboja

Ajaran Hindu memiliki filosofi yang dalam mengenai bunga ini, dengan melihat proses dari tanaman ini berbunga yang terjadi setiap bulan purnama ke empat. Waktu ini sendiri dinyatakan sebagai waktu yang baik bagi umat beragama Hindu.

Sehingga dipercaya jika bunga kamboja adalah sari akam yang dapat membawa pencerahan dan sari sari kebaikan.

 

Itulah pembahasan kali ini mengenai bagian bagian kamboja dan penjelasan lengkapnya, semoga bermanfaat ya!

Artikel Lainnya :

Biota Laut – Pengertian, Manfaat dan Gambarnya Terlengkap

Cara Bernafas Tumbuhan

Fungsi Daun – Penjelasan Lengkapnya Beserta Gambar