Bagian – Bagian Bunga Kamboja

Posted on

Bagian – Bagian Bunga Kamboja

Ekosistem.co.id – Pernahkan sahabat biologi melihat bunga kamboja? Ya, bunga yang umum memiliki warna putih dan beraroma sangat sedap ini diidentikan dengan mitos mitos aneh yang menyelimutinya. Bagaimana tidak, bunga ini selalu hadir dan dapat ditemukan di pemakaman karena memang pohonnya banyak ditemukan di pemakaman.

Maka tak heran ya, jika banyak yang menganggap bunga kamboja ini sebagai bunga kematian.

Padahal bunga ini memiliki bentuk yang indah dan termasuk ke dalam bunga sempurna yang memiliki bagian bagian bunga yang lengkap. Mau tahu, apa saja bagian bagian bunga kamboja?

Simak di bawah ini deh, penjelasan lengkapnya.

Bagian – Bagian Bunga Kamboja

  1. Tangkai Bunga

Bagian pertama dari bunga kamboja ini disebut batang bunga atau batang bunga ibu dan memiliki nama Latin Rachis atau Penduluncus. Bagian ini adalah sumbu bunga yang terdapat pada lampiran batang atau cabang.

  1. Tangkai bunga

Bagian yang kedua pastinya adalah tangkai bunga yang memiliki nama latin pedicellus. Bagian ini adalah bagian bunga yang letaknya berada tepat pada bagian bawah bunga yang mendukung munculnyba bunga. Fungsi dari bagian ini sendiri adalah sebagai penghubung di antara bunga dengan ranting bunga yakni untuk memopang bunga.

  1. Dasar bunga

Bagian berikutnya dari bunga kamboja adalah dasar bunga. Bagian ini memiliki nama latin receptacle dan merupakan bagian ujung bunga yang melekat dan juga bertumbu pada mahkota bunga dan berfungsi sebagai tempat bertumpunya atau letak dari mahkota bunga.

  1. Daun pelindung

Bagian yang berikutnya adalah daun pelindung dengan nama latin brachtea. Bagian ini merupakan daun yang berada di ketiak bunga, daun pelindung ini sendiri adalah daun terakhir yang dimiliki oleh bunga ini dan memang keberadaannya memiliki fungsi untuk melindungi bunga.

  1. Daun tangkai

Daun tangkai memiliki nama latin brachteola adalah daun yang letaknya berada di pangkal tangkai bunga yang memiliki fungsi sebagai pelindung.

  1. Kelopak Bunga

Bagian dari bunga kamboja yang lainnya adalah kelopak bunga, bagian ini memiliki nama latin sepal. Bagian bunga ini memiliki fungsi untuk melindungi dan juga menyelimuti mahkota pada saat bunga masih kuncup, kelopak bunga ini sendiri biasanya memiliki warna hijau dan memiliki bentuk yang mirip seperti daun.

Baca Juga :  Fungsi Mikrofilamen – Penjelasan Lengkap Dengan Gambar
  1. Mahkota bunga

Corolla adalah nama latin dari mahkota bunga dan merupakan bagian yang paling penting bagi bunga kamboja. Bagian ini tak  hanya sangat penting tapi juga merupakan bagian yang paling indah dari sebuah bunga, salah satunya seperti bunga kamboja. Pada dasarnya bagian ini memiliki warna yang beraneka ragam dan sangat menarik. Karena keindahan yang dimiliki oleh bagian inilah membuat bagian ini atau mahkota bunga ini disebut dengan perhiasan bunga. Warna cantik dan beraneka ragam yang dimiliki oleh bagian mahkota bunga ini tak hanya cantik tapi juga memiliki fungsi untuk memikat banyak serangga agar mau mendekat sehingga akan dapat terjadi proses penyerbukan.

  1. Benang sari

Benang sari atau yang memiliki nama latin stamen ini adalah bagian yang sangat penting bagi sebuah bunga atau bunga kamboja. Karena bagian ini merupakan alat kelamin jantan yang terdapat pada bunga yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan bunga atau fertil yang terdiri dari kepala sari atau anthera, serbuk sari atau polen, tangkai sari atau filament hingga penunjang kepala sari.

  1. Putik

Dan bagian yang terakhir dari bunga kamboja adalah putik yang memiliki nama latin pistil. Bagian ini adalah alat perkembangbiakan yang dimiliki oleh betina dan memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan benang sari. Jika benang sari adalah alat kelamin pada jantan maka putik adalah alat kelamin yang dimiliki oleh betina. Pada putik terdapat bakal bunga dan bakal biji. Putik sendiri letaknya berada di tengah tengah bagian bunga yang dikelilingi oleh benang sari. Putik sendiri merupakan bagian bunga kamboja yang memiliki dua bagian yaitu kepala putik dan juga tangkai putik.

Baca Juga :  Sistem Gerak Pada Manusia – Lengkap Dengan Gambar

 

Kira – kira itu lah bagian bagian bunga kamboja yang wajib untuk sahabat biologi ketahui, terlepas dari mitos yang mengelilingi bunga ini, namun bunga ini tetaplah salah satu bunga indah yang wajib untuk dilesatarikan ya, sahabat biologi. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, selamat belajar agar cepat pintar.

Artikel Lainnya :

Biota Laut – Pengertian, Manfaat dan Gambarnya Terlengkap

Cara Bernafas Tumbuhan

Fungsi Daun – Penjelasan Lengkapnya Beserta Gambar