Antibodi – Mengenal dan Memahami Antibodi dan Jenis Tertentu

Posted on

 

Antibodi – Mengenal dan Memahami Antibodi dan Jenis Tertentu

Ekosistem – Salah satu komponen terpenting dalam tubuh kita adalah Antibodi. Antibodi yang sebenarnya adalah sistem pertahanan tubuh dari sistem kekebalan tubuh, antibodi adalah bagian penting dari kesehatan.

Sistem ini membantu untuk membunuh dan menetralisasikankan berbagai zat asing seperti virus, bakteri, dan beberapa bahan kimia lain yang masuk ke dalam tubuh.

Apakah Anda Tahu Sifat Antibodi

Ketika benda asing memasuki tubuh dibutuhkan 10 hingga 14 hari untuk zat antibodi terbentuk dengan baik. Komponen antibodi ini dapat ditemukan dalam darah dan cairan nonselular. Berikut adalah beberapa sifat antibodi  yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak tahan terhadapt sinar matahari karena itu, antibodi biasanya disimpan dalam lemari pendingin dan dibekukan.
  • Dapat larut dalam darah, terutama sel plasma
  • Dapat bereaksi dengan antigen dengan cara yang spesifik dan sempurna
  • Dibuat di sumsum tulang belakang, kelenjar getah bening atau limfa, hati, dan organ lainnya, bergantung pada lokasi pembentukan sel darah putih
  • Terdiri dari zat yang sifatnya menempel pada gamma globulin

Jenis-jenis Penyakit Antibodi

Biasanya penyakit ini juga disebut sebagai masalah AutoImun yang menyerang tubuh dan organ-organ tertentu. Diyakini bahwa tubuh membentuk Antigen untuk tubuh itu sendiri karena adanya virus dan bakteri.

 

Berikut adalah beberapa jenis penyakit akibat antibodi yang harus Anda perhatikan:

  • Psoriasis yang menyerang kulit sebenarnya dimulai dengan pembentukan antibodi yang terlalu aktif pada kulit.
  • Lupus, karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel-selnya sendiri seperti saraf, paru-paru, ginjal, dan bagian tubuh lainnya.
  • Diabetes mellitus tipe 1, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel pankreas, menghambat pembentukan hormon insulin dan meningkatkan kadar gula darah.
  • Reumatoid Artritis adalah penyebab utama peradangan sendi, yang memungkinkan sistem kekebalan tubuh merespons peradangan. Namun, setelah sistem kekebalan tubuh terbentuk, ia menyerang lapisan pengikat dan menyebabkan kerusakan di area ini.
Baca Juga :  Proses Pembentukan Urine - Skema Dan Gangguannya

 

Beberapa penyakit ini ada dan telah ditemukan di masyarakat. Terlepas dari gaya hidup yang tidak sehat, Maka antibodi juga Akan terganggu. Maka jagalah kesehatan dengan beristirahat yang cukup, olah raga, dan makan makanan yang bergizi

 

Artikel Terkait:

Pengertian Sel Jaringan, Struktur dan Funsinya

Enzim dan Komponen Enzim