Anemon Laut Memakan Microfiber Plastik Limbah Laundry yang mengalir Ke Lautan

Posted on

Anemon Laut Memakan Microfiber Plastik Limbah Laundry yang mengalir Ke Lautan

Anemon Laut
Anemon Laut

Sekitar 60% dari pakaian yang kami kenakan terdiri dari serat sintetis yang terbuat dari plastik termasuk akrilik, nilon, dan poliester. Serat yang ada di mana-mana ini digunakan dalam segala hal, mulai dari celana atletik pelembab kelembaban hingga mantel musim dingin yang terisolasi. Sementara nyaman, ribuan serat mikroskopis plastik ini (“serat mikro”) – yang terlalu kecil untuk ditangkap oleh perangkap serat pengering – sering luruh ketika pakaian dicuci, menyebabkan mereka berakhir di saluran air kita dan menambah polusi plastik di lautan.

Microfibers

Microfibers adalah sub-kategori mikroplastik yang berasal dari barang-barang seperti pakaian, karpet, furnitur, pancing dan jaring pancing, dan puntung rokok,” kata Nicholas Mallos , direktur program Ocean Conservancy’s Trash Free Seas® , “Mereka pada dasarnya serat sintetis yang berukuran kurang dari 5 milimeter. ”

Karena hampir 1 juta serat ini dilepaskan ketika bulu poliester dicuci, merek pakaian luar Patagonia telah berkomitmen untuk meneliti polusi mikroplastik di laut . Dan, sebuah studi baru menunjukkan bahwa anemon laut – yang merupakan kerabat dekat karang – mengambil microfiber ini.

“[Karena] bentuk serat mikro berbeda dari jenis mikroplastik lainnya, efeknya [pada] organisme laut mungkin juga berbeda,” kata Dr. Manoela Romanó de Orte , seorang peneliti postdoctoral di Carnegie Institution for Science dan penulis utama dari studi ini, “Kami hanya akan dapat memahami perbedaan-perbedaan ini jika kami melakukan studi dengan serat mikro secara terpisah dari mikroplastik.”

Seperti halnya karang, ketika anemon menjadi stres akibat suhu hangat yang tidak biasa, mereka juga bisa menjadi memutih , kehilangan warna, dan mengusir ganggang mikroskopis yang mereka tumpangi yang memberi mereka nutrisi. Dalam studi ini, para peneliti memberi makan anemon nilon dan poliester yang diputihkan dan sehat sendirian dan dicampur dengan udang air asin.

Menurut Dr. Romanó de Orte, “Karena polusi plastik tidak terjadi sendirian, tetapi bersama dengan ancaman lain seperti perubahan iklim global, mempelajari interaksi antara kedua tekanan ini penting untuk memahami tantangan dunia nyata yang dihadapi oleh terumbu karang .”

Ketika dikombinasikan dengan udang air asin, 80% anemon sehat dan putih mencerna semua serat mikro yang berbeda. Namun, begitu serat mikro dicerna, anemon sehat dapat mengeluarkan mikrofiber dari tubuh mereka lebih cepat daripada rekan mereka yang diputihkan. Ini menunjukkan bahwa pemanasan lautan dapat mengurangi kemampuan anemon atau karang untuk mengeluarkan serat mikro dari tubuh mereka.

Baca Juga :  Respirasi Aerob - Anaerob Dan Perbedaan Beserta Contohnya

“Kita tahu bahwa filter pada mesin cuci sangat efektif (> 80%) untuk mencegah serat bocor ke aliran air limbah dan pada akhirnya lingkungan laut,” kata Mallos, “Kita masih perlu menemukan cara untuk mengalihkan dan menangkap serat mikro di luar siklus cucian, pada tahap produksi … dan kita juga harus bekerja untuk membuat bahan yang lebih sedikit tumpah. “

Anemon Laut Memakan Microfiber Plastik Limbah Laundry yang mengalir Ke Lautan
5 (100%) 3 vote[s]