Anatomi Tubuh Manusia Lengkap dengan Perannya

Posted on

Anatomi Tubuh Manusia Lengkap dengan Perannya

Anatomi Tubuh Manusia – Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam organ yang memiliki fungi dan tugas masing masing untuk menunjang kehidupan manusia. Untuk lebih jelasnya kali ini kita akan membahas mengenai anatomi tubuh manusia beserta dengan penjelasannya. Namun sebelum mengenatahui anatomi yang ada di dalam tubuh manusia, lebih baik kita cari tahu terlebih dahulu pengertian anatomi.

Pengertian Anatomi

Anatomi berasal dari kata ana dan tome yang merupakan bahasa Yunani yang berarti mengurai dan memotong sehingga secara umum pengertian anatomi adalah membedah, secara ilmiah anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh manusia.

 

10 Anatomi Tubuh Manusia

  1. Sistem rangka

Kerangka pada manusia terbentuk dari 206 tulang yang kesemuanya saling terikat oleh sebuah tendon, ligament dan juga tulang rawan. Selain itu tulang juga tersusun atas suatu kerangka Aksial yang terdiri dari 80 tulang dan Kerangka Apendikular.

  1. Sistem Otot

Berikutnya adalah otot yang bertugas untuk menggerakkan tubuh manusia seperti berjalan dan juga melakukan pekerjaan lain seperti berlari, berdiri, makan dan lainnya yang dilakukan dengan sadar. Otot juga memiliki fungsi untuk menyebarkan darah ke seluruh tubuh, menggerakkan mata dan membentuk ekspresi pada wajah.

  1. Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah sama dengan sistem kardiovaskular, didalamnya terdapat organ jantung yang bertugas untuk memompa darah dan pembuluh darah yang bertugas menyebarkan darah pada organ lainnya. Terdapat dua jenis pembuluh darah pada tubuh manusia, yang pertama pembuluh arteri yang berfungsi mengalirkan darah dari jantung, kemudaian yang kedua vena fungsinya kebalikan dari arteri yaitu mengembalikan darah kejantung

  1. Sistem Saraf

Fungsi dari sistem saraf adalah untuk mengumpulkan, mengirim dan memproses sebuah informasi, secara keseluruhan sistem saraf ini terdiri dari beberapa sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer. Sistem saraf ini letaknya di bagian otak, sumsum tulang belakang Neuroglia, Meninges, Cairan Cerebrospinal, Sel-sel saraf dan juga terdapat pada kelima panca indera yang dimiliki manusia.

  1. Sistem Penapasan

Berikutnya adalah pernapasan karena sel sel di dalam tubuh manusia sangat membutuhkan aliran oksigen untuk dapat bertahan hidup, sistem pernapasan ini menyediakan oksigen yang akan dikirimkan ke sel tubuh dengan cara mengeluarkan karbondioksida dan produk limbah yang bisa mematikan apabila dibiarkan menumpuk di dalam tubuh.

  1. Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan melibatkan beberapa organ yang disebut dengan saluran pencernaan yang terdiri dari mulut, termasuk gigi, lidah, faring, esofagus, lambung, usus halus, dan juga usus besar. Sistem ini akan memproses makanan menjadi zat zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat diserap oleh tubuh.

  1. Sistem Urin

Sistem ini terdiri dari beberapa bagian di dalam organ tubuh seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan juga uretra. Ginjal bertugas untuk menyaring darah yang ada di dalam tubuh dan menghasilkan air seni, sementara ureter bertugas untuk mengalirkan air seni menuju kantung kemih untuk ditampung sementara dan jika sudah banyak maka saraf di dalam kantung kemih untuk menyuruh tubuh membuang urin melalui uretra yang terletak di dekat area genita.

  1. Sistem Endokrin

Di dalam sistem ini terdiri dari beberapa macam kelenjar yang bertugas untuk mengeluarkan hormon ke dalam darah, contohnya seperti Hipotalamus, kelenjar Pituitari, kelenjar Tiroid, kelenjar Pineal, kelenjar Adrenal, kelenjar Paratiorid, Pankreas, dan juga kelenjar Kelamin yang mengontrol secara langung sebuah rangsangan dari sistem saraf dan juga dari sebuah reseptor kimiawi yang ada di dalam darah dan juga hormon yang dihasilkan oleh kelenjar yang lainnya.

  1. Sistem Reproduksi

Di dalam sistem ini ada dua jenis sistem reproduksi pria dan wanita yang memiliki perbedaan dari bentuk organ dan mekanisme yang dimilikinya, namun kedua organ ini saling berhubungan untuk melakukan fungsinya agar dapat menghasilkan keturunan. Sistem reproduksi pada wanita terdiri dari Ovarium, Saluran Telur, Rahim, Vagina, Vulva, Payudara dan juga sebuah Kelenjar Susu, sementara pria memiliki sistem reproduksi seperi sebuah Skrotum, Testis, Saluran sperma, Kelenjar Seks, dan juga sebuah alat Vital adalah Penis.

  1. Sistem Panca Indera

Panca indera memiliki fungsi yang sangat penting untuk menerima sebuah sensor rangsangan yang berada di lingkungan sekitarnya. Sistem panca indera ini sendiri memiliki 5 jenis yakni Indera Penglihatan atau mata, Indera Pendengaran atau telinga, Indera Penciuman atau hidung, Indera Peraba atau kulit, dan juga Indera Pengecap atau lidah, dengan fungsi dan tugas yang berbeda beda pada setiap panca inderanya.

Baca Juga :  Batu Bara – Manfaat, Proses Terbentuknya, Jenis dan Gambarnya

 

Jadi sudah tahu kan, anatomi tubuh manusia yang pastinya wajib untuk kamu ketahui karena berhubungan dengan seluruh organ yang kamu miliki.

Artikel Lainnya :

  1. Daur hidup Nyamuk Terlengkap, Cara Berkembang, Wabah penyakit, dan Gambarnya
  2. Bunga – Fungsi Tangkai Bunga, dan Fungsi Benang Sari, dan 10 Fungsi lainnya Dilengkapi Gambar
  3. Spermatogenesis dan Oogenesis
  4. Proses Spermatogenesis
  5. Jumlah Kromosom Manusia