Anatomi Telinga Manusia : Bagian Dan Fungsi Lengkap Dengan Gambar

Posted on

Anatomi Telinga Manusia

Anatomi Telinga

 

Ekosistem.co.id – Anatomi telinga manusia juga merupakan salah  ilmu yang penting untuk kita pelajari. Seperti yang kita tahu, telinga merupakan organ yang cukup penting bagi kita.

 

Telinga Adalah

Telinga bukan hanya organ pendengaran yang berfungsi sebagai penangkap suara, namun juga termasuk dalam indra pendengaran dengan tugas sebagai alat pendengar tentu saja.

Artinya dengan bantuan telinga kita bisa menangkap suara di sekitar kita dan mengidentifikasinya sebagai suara apa.

Telinga sendiri terhubung dengan organ lain seperti hidung dan tenggorokan. Bisa dibilang kita akan mengalami kesulitan jika organ satu ini tidak berfungsi dengan baik. Karena perannya sebagai salah satu panca indra.

 

Fungsi Telinga

Secara umum kita mengenal fungsi telinga sebagai alat pendengaran yang mampu menangkat semua getaran suara dan bunyi di sekitar kita. Lalu mengarahkannya untuk diidentifikasi sehingga kita mengenali suara apa yang kita tangkap di telinga kita.

Tapi rupanya telinga juga tidak hanya berfungsi sebagai indra pengengar saja, namun juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh kita.

Karena pada telinga terdapat bagian dengan bentuk mirip lingkaran dan didalamnya terisi cairan endolimfa. Di dalamnya jugaterdapat kanalis semisirkularis yang merupakan rambut rambut halus yang merupakan sensor gerakan. Bagian ini

Kanalis semisirkularis ini terhubung dengan utrikulus dan sakulus yang bentuknya menyerupai kantung. Fungsi kedua bagian itu adalah sebagai pemberi sensor gerakan.

Nah, kanalis semirkularis, utrikulus dan sakulus inilah yang membantu kita menjaga keseimbangan tubuh.

 

Baca Juga :  Sistem Gerak Pada Manusia – Fungsi Rangka, Sendi, Otot, dan Tulang

Memahami Anatomi Bagian dan Fungsi Telinga

Ketiga bagian telinga manusia yang akan kita bahas yaitu telinga luar atau sering disebut Outer ear, telinga tengah atau sering disebut middle eart, dan yang terakhir telinga bagian dalam atau sering disebut inner ear.

Sebelum menyimak ulasan mengenai anatomi telinga, coba sahabat biologi simak terlebih dahulu gambar di bawah ini :

 

 

Anatomi Telinga

Telinga Luar atau Outer Ear

Telinga bagian luar dibagi ke dalam beberapa bagian, berikut penjelasannya :

1.) Daun Telinga

Fungsi daun telinga yaitu untuk menampung suara. Daun telinga juga berfungsi memperbesar suara dan menyalurkannya ke saluran telinga.

Ketika suara dipantulkan pada daun telinga, suara juga mengalami proses penyaringan yang akan memberikan informasi mengenai letak posisi suara, bagian daun telinga juga terdiri dari Heliks, Spiral, Antiheliks, Fosa skafoid, Fosa segitiga, Crura antiheliks, Antitragus, Lobule, Tragus

 

2.) Lubang Telinga

Lubang telinga memiliki fungsi yang unik sebab terbentuk atas tulang temporal dan tulang rawan, setiap manusia pun memiliki bentuk telinga yang berbeda-beda.

Fungsi lubang telinga adalah meneruskan proses getaran suara atau bunyi menuju ke gendang telinga.

 

3.) Gendang Telinga

Gendang telinga berfungsi untuk memperjelas getaran bunyi yang masuk dan Menerima Rangsangan Bunyi kemudian Timbul Getaran pada Gendang Telinga kemudian diteruskan lagi Ke Bagian yg Lebih dalam pada telinga.

 

Telinga Tengah atau  Middle Ear

Berfungsi menghantarkan suara yang telah dikumpulkan dan ditampung auricula ketelinga bagian dalam dan dipisahkan oleh memberan timpani dari telinga luar kemudian terdiri dari pars flaccida dan pars tensa yang terbentuk dari bagian tinggi dari umbo dan sisa dari bagian umbo.

Ada tiga saraf sensori pada memberan timpani yaitu saraf auriculotemporal,saraf arnold,dan cabang saraf timpanik. Pada permukaan dalam membran timpani terdapat rantai tulang yang bergerak disebut ossicles, yaitu malleus atau palu, incus atau landasan, stapes atau sanggurdi.

Baca Juga :  Fungsi Bronkus

Fungsi utama dari unsur-unsur tulang ini sendiri ialah sebagai penghantar dan penguat dari gelombang suara. Bahkan mampu memberikan hantaran hingga 10 kali lebih kuar dari udara ke telinga.

Pada bagian telinga tengah terdapat otot yang memiliki peran sangat penting bagi telinga. Otot ini sendiri disebut dengan oto stapedius dan juga tenton tensor tympani.

 

Telinga Bagian Dalam atau Inner Ear

Bagian ini bisa sahabat belajar sebut juga dengan istilah rongga labirin, fungsinya sendiri adalah bertugas untuk menjaga keseimbangan. Selain itu tugas dari bagian ini juga membawa atau menyalurkan suara yang diterima oleh telinga menuju ke sistem saraf pusat.

Di dalam labirin membran juga terdapat komponen lainnya seperti verstibular, koklea hingga semisirkular.

Koklea sendiri ialah salah satu organ yang cukup penting di telinga bagian dalam.  Bentuk bagian ini menyerupai tabung dengan bentuk bengkok mengarah ke bagian belakang. Kira-kira sebanyak dua setengan lingkaran dan bentuknya mengerucup pada bagian ujung.

Vestibuli ini sendiri adalah salah satu bagian dari penghubung yang menghubungkan saluran semisirkular dengan koklea. Sedangkan semisirkular sendiri ialah sebuah saluran yang bentuknya setengah lingkaran, dan saluran ini dibagi dalam tiga saluran.

Yakni saluran kanalis semisirkularis horizontal, kanalis semisirkularis vertikal atas. Dan yang terakhir adalah bagian kanalis semisirkularis vertikal belakang yang di dalamnya berisikan ampula.

Fungsinya sendiri adalah digunakan untuk menentukan kesadaran dari posisi kepala kita ketika sebuah gerakan terjadi, dan bergerak memutar atau berotasi.

 

Cara Kerja Telinga

1.) Telinga bertugas untuk menangkap suara yang masuk melalui daun telinga lalu akan dibawa mengarah ke saluran telinga.

2.) Gendang telinga yang menangkap datangnya getaran suara akan membawanya menuju ke bagian telinga tengah.

3.) Tulang sanggurdi akan bertugas mengarahkan getaran untuk menuju ke koklea atau rumah siput.

4.) Kemudian rumah siput akan membawa getaran suara tadi lewat cairan yang ada di dalam koklea atau rumah siput tersebut. Getaran ini pun akan ditangkap oleh sel saraf yang berupa rambut getar dan berada di dalam koklea.

5.) Sel syaraf ini pun akhirnya membawa sinyal menuju ke listrik, hal ini disebabkan oleh getaran yang dirasakan pada saraf pendengaran.

6.) Syaraf pendengaran pun akan membawa sinyal listrik untuk naik ke otak.

7.) Di sinilah tugas otak berperan untuk menjernihkan sinyal listrik dan mengubahnya menjadi sebuah bunyi.

 

Baca Juga :  Laring – Pengertian, Fungsi Dan Gangguannya Terlengkap

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Sebagai organ pendengaran dan salah satu indra manusia, telinga harus dijaga kesehatannya agar fungsinya tidak terganggu dengan cara di bawah ini :

1.) Menggunakan perangkat perlindungan suara atau penutup suara pada telinga pada saat melakukan aktifitas yang menyerang telinga dengan keras. Misalnya bekerja dengan alat dan mesin yang menghasilkan suara keras atau berada di tempat bising seperti konser.

2.) Menjaga volume agar tetap rendah ketika mendengarkan musik melalui bantuan headset.

3.) Hindari menempelkan benda asing dan memasukkannya pada telinga, seperti kapas.

4.) Jangan merokok karena mampu mengganggu sirkulasi pendengaran dan membahayakannya.

 

Anatomi telinga manusia merupakan salah satu materi yang cukup menarik untuk selalu dibahas bukan. Temukan pembahasan menarik lainnya hanya di Ekosistem.co.id.

Baca Artikel Lainnya :