Anatomi Mata – Manusia, Hewan, Ikan

Posted on

Anatomi Mata – Manusia, Hewan, Ikan

Ekosistem.co.id – Mata merupakan organ yang mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia dalam neuron pada saraf. Mata adalah indra penglihatan dan memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Mata sendiri memiliki bagian-bagian tersendiri atau biasa disebut sebagai anatomi mata. Nah, Sahabat Biologi pasti penasaran kan, apa saja bagian-bagian mata itu? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas anatomi mata manusia, hewan, dan ikan khusus untuk Sahabat Biologi belajar. Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Anatomi Mata Manusia

  1. Kornea

Kornea merupakan jaringan berbentuk kubah transparan yang melindungi iris dan pupil. Kornea terletak di bagian paling luar dan berfungsi untuk menerima cahaya dari lingkungan yang nantinya akan di teruskan ke dalam mata. Dengan adanya kornea, mata kita bisa mengatur proses sinar cahaya agar bisa melihat benda di sekeliling kita secara jelas.

Kornea juga bertanggung jawab memfokuskan cahaya pada retina bersama dengan lensa. Di dalam kornea terdapat banyak ujung saraf yang membuatnya sangat sensitif sehingga perlu berhati-hati dalam menjaganya.

  1. Bilik mata depan (anterior chamber)

Bilik mata depan merupakan sebuah kantung mirip jelly yang letaknya berada di belakang kornea mata dan di depan lensa. Di dalamnya berisi cairan aqueous humor yang bertekstur kental namun transparan yang membantu membawa nutrisi ke jaringan mata.

Cairan ini berfungsi sebagai penyeimbang tekanan di dalam mata dan bermanfaat sebagai pembias cahaya ke dalam bagian mata selanjutnya.

  1. Sklera

Sklera merupakan selaput putih keras, berserat, tidak tembus cahaya, elastis dan mengandung kolagen dengan jaringan fibrosa yang menutupi seluruh bola mata kecuali bagian kornea. Sklera berfungsi untuk melindungi struktur mata dan membantu mempertahankan bentuk mata. Pada sklera terdapat otot yang menempel guna menggerakkan bola mata.

  1. Iris dan Pupil
Baca Juga :  Organ Tumbuhan Daun - Pengertian, Fungsi, dan Struktur

Iris dan pupil merupakan bagian mata yang saling berhubungan. Iris adalah struktur datar, tipis, berbentuk cincin yang mengelilingi sebuah bulatan kecil berwarna lebih gelap di tengahnya.

Iris terletak di antara kornea dan lensa serta membagi ruangan di antaranya menjadi bilik mata anterior dan bilik mata posterior. Iris memiliki fungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata serta menyesuaikan dengan bukaan pupil. Salah satu keistimewaan iris adalah memberikan warna pada mata kita.

Sementara pupil merupakan lubang di tengah iris yang terletak di depan lensa. Pupil merupakan bagian mata yang dapat berkontraksi membesar dan menyempit untuk mengatur banyak cahaya yang masuk ke mata.

Pupil juga melakukan dilatasi (pembesaran lubang) ketika cahaya yang masuk kurang agar cahaya dapat sampai ke retina mata.

  1. Lensa

Lensa mata adalah jaringan yang terletak di belakang iris dan di dekat pupil. Berbentuk bikonveks serta ditutupi oleh bagian transparan.

Lensa mata berfungsi untuk membantu memfokuskan cahaya dan gambar pada retina. Karena lensa mata ini lentur dan elastis, maka bentuknya bisa berubah untuk penglihatan dekat dan jauh.

  1. Konjungtiva

Lapisan tipis yang menutupi seluruh bagian depan mata kecuali kornea yang melindungi mata dan menjaga mata tetap lembap.

  1. Vitreoushumour

Zat seperti jeli yang mengisi ruang posterior. Zat ini berbentuk transparan dan kental. Dan berfungsi membuat mata kita lebih kuat dan kokoh serta untuk menjaga fokus yang tajam pada gambar retina.

  1. Retina dan saraf optik

Retina adalah lapisan mata yang letaknya paling dalam. Bagian ini adalah bagian yang paling peka dengan cahaya. Retina mengandung jutaan fotoreseptor (sensor yang mengubah cahaya menjadi sinyal saraf).

Baca Juga :  Jaringan Otot - Ciri Ciri, Fungsi, Struktur, Letak dan Gambarnya

Sel di retina bisa mengubah cahaya masuk menjadi impuls listrik yang nantinya akan dibawa oleh saraf optik ke otak. Kemudian, di otak akan diproses untuk menciptakan gambar.

  1. Makula

Makula adalah daerah sensitif kecil di tengah retina yang bertanggung jawab memberikan penglihatan sentral yang jelas.

Pada makula terdapat fovea. Fovea adalah depresi kecil pada retina dekat disk optik yang fungsinya untuk memberikan penglihatan detail yang paling tajam di mata.

 

Anatomi Mata Hewan

Mata Kucing

  1. Kelopak mata bagian atas.
  2. Membrannictitan atau kelopak mata ketiga (tidak terlihat jelas secara normal, tetapi bila terlihat jelas seolah menutupi mata, menandakan kucing sedang mengalami dehidrasi atau sedang sakit).
  3. Kelopak mata bagian bawah.
  4. Sclera (bagian bola mata yang berwarna putih).
  5. Pupil (membesar dan mengecil sesuai banyaknya cahaya dan berfungsi mengatur cahaya yang masuk ke mata).
  6. Iris (bagian yang memberikan warna pada mata kucing)

 

Mata Burung

  1. Kornea transparan di bagian depan.
  2. Dua lapisan sklera (lapisan serat kolagen kuat berwarna putih yang mengelilingi seluruh mata dan melindungi mata secara keseluruhan).
  3. Lensa (berfungsi memfokuskan cahaya pada retina).
  4. Iris (diafragma muskular berwarna yang mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke mata).
  5. Pupil.
  6. Retina dan fovea.
  7. Pakten (terdiri dari jaringan lipat yang terhubung ke retina).
  8. Koroid (lapisan yang berada di belakang retina yang berisi pembuluh nadi kecil dan pembuluh balik yang mengalirkan darah ke retina)

 

Anatomi Mata Ikan

Secara garis besar bagian mata pada ikan adalah sama dengan vertebrata lainnya, terdiri dari ruang depan, iris, lensa, ruang vitroeus yang berisikan cairan kental yang dinamakan vitreoushumour dan dibatasi oleh retina.

  1. Kornea

Tidak mempengaruhi kekuatan optikal mata hewan air. Distribusi pigmen pada kornea berfungsi menyaring cahaya.

  1. Sklera
Baca Juga :  Sistem Gerak Pada Manusia – Fungsi Rangka, Sendi, Otot, dan Tulang

Berfungsi untuk menguatkan bola mata ikan yang kekuatannya bervariasi pada setiap ikan.

  1. Koroid

Memiliki fungsi untuk mengumpulkan sejumlah cahaya untuk retina dengan menyebarkan pantulan cahaya dari kristal guanin.

  1. Lensa

Lensa pada ikan berevolusi menjadi seperti bola dan memiliki kekuatan pembiasan yang sangat tinggi. Kebanyakan mengandung pigmen yang memiliki fungsi untuk menyaring radiasi warna violet/ultraviolet dan menguatkan ketajaman mata.

  1. Iris

Membentuk pupil, memiliki peranan dalam memperluas sudut lensa, serta mengatur kuat lemahnya gelombang cahaya agar dapat melihat objek.

  1. Vitreoushumour

Berfungsi sebagai pendukung mekanisme yang mengelilingi jaringan okuler dan sebagai penyerap tekanan.

  1. Retina

Memiliki struktur yang berlapis-lapis dan transparan.

 

Demikian Sahabat Biologi pembahasan mengenai anatomi mata manusia, hewan, dan ikan. Semoga artikel yang kami ulaskan bisa bermanfaat untuk Sahabat Biologi ya. Sampai jumpa dan terima kasih.

Artikel Lainnya :

Replikasi Dna – Penjelasan Lengkapnya

Kerongkongan – Penjelasan, Struktur, Bagian-bagian, Gambar

Proliferasi Adalah – Pengertian, Jenis, Proses Terjadinya Proliferasi Sel