Anatomi Jantung

Posted on

Anatomi Jantung

Anatomi jantung merupakan bagian-bagian organ vital yang sangat penting untuk Anda ketahui. Jantung adalah organ yang membantu memompa darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Untuk jantung milik orang dewasa dapat berdetak antara 60 hingga 100 kali perdetik pada saat kondisi normal. Ukuran jantung sendiri mirip seperti kepalan tangan hanya sedikit ebih besar dan beratnya sekitar 200 hingga 425 gram.

Jantung dapat kita temukan di tengah dada, di antara paru – paru. Letaknya sendiri berada di bagian belakang kiri tulang dada. Jantung terletak dalam rongga perikardial dan berisi cairan penuh yang disebut perikardium. Otot jantung dapat menghasilkan impuls listrik sehingga membuat jantung bisa berkontraksi, memompa darah ke semua bagian tubuh. Jantung bersama-sama akan membentuk sistemkardiovaskular dengan sistem peredaran darah.

Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan lengkap dan jelas mengenai anatomi fisiologi jantung beserta fungsinya. Ulasan lengkapnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut.

 

Bagian Bagian Jantung Serta Fungsinya

Sebagai organ yang sangat penting bagi manusia, fungsi dari organ ini tentu saja sangat penting juga kan. Nah, berikut adalah penjelasan singkat tentang anatomi jantung beserta fungsinya.

1.) Perikardium

Bagian dari jantung yang pertama dinamakan perikardium. Bagian ini seperti membrane serosa. Tugasnya adalah untuk menghasilkan cairan serous yang digunakan untu melumasi organ jantung. Pada saat jantung sedang berdenyut. Cairan ini sangat bermanfaat untuk mencegah gesekan yang bisa saja terjadi dan akan membuat kita merasa sakit terutama pada bagian jantung serta organ lain yang ada di sekitar jantung.

Baca Juga :  Pola Aliran Sungai – Bentuk dan Gambarnya

Bagian pada jantung ini juga sangat bermanfaat untuk menahan jantung. Agar jantung tetap ada di tempatnya. Selain itu dinding jantung memiliki 3 susunan yang di antaranya adalah bagian terluarnya yang disebut dengan epikardium, bagian lapisan tengah yang disebut dengan miorkadium hingga yang ada pada lapisan dalam yang disebut dengan endokardium. Dinding serta lapisan rongga perikardial inilah yang dinamakan dengan perikardium.

2.) Serambi

Serambi merupakan bagian atas pada jantung yang terdiri dari serambi sebelah kanan maupun kiri. Umumnya serambi jantung berfungsi untuk mengangkut darah masuk ke dalam jantung. Sementara secara khusus, serambi kanan dan kiri memiliki fungsi yang lebih khas.

Serambi atau atrium kanan berguna sebagai pintu masuk bagi darah hasil metabolisme yang sudah tidak mengandung oksigen dari tubuh yang dibawa oleh pembuluh darah untuk masuk kembali ke paru-paru. Darah akan dipompa dari atrium kiri menuju ke bilik kiri jantung. Kemudian, dari bilik jantung, darah baru akan disebarkan ke seluruh jaringan pada tubuh.

3.) Bilik atau Ventrikel

Bilik jantung merupakan bagian jantung bawah yang terdiri dari bagian sebelah kanan dan kiri. Ventrikel bagian kanan berperan untuk memompa darah yang miskin oksigen dari jantung ke paru-paru. Dibandingkan dengan dinding serambi, bilik jantung jauh memiliki dinding yang lebih tebal dan berotot. Hal ini terjadi karena bilik jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah baik dari jantung ke paru-paru ataupun ke seluruh tubuh.

4.)  Katup

Di antara serambi dan bilik, terdapat katup jantung yang mampu membuka dan menutup. Fungsi dari bagian ini adalah untuk menjaga aliran darah ke satu arah, dan jantung sendiri memiliki sekitar empat katup di dalamnya.

Baca Juga :  Bioteknologi - Pengertian, Penerapan, Dampak, Prinsip, Contoh

Yang pertama adalah tricuspid, katup ini memiliki fungsi membantu aliran darah yang ada pada atrium kanan serta ventrikel kanan. Katup yang kedua adalah pulmonal yang memiliki fungsi membantu aliran darah dari vertrikel kanan lebih terkontrol pada saat menuju ke pembuluh darah arteri pulmonalis.

Katup yang ketiga disebut dengan katrup mitral dengan fungsi mengalirkan darah bersih yang memiliki banyak kandungan oksigen menuju atrium kiri hingga ke ventrikel kiri. Sedangkan katup yang terakhir adalah katup aorta yang memiliki fungsi membuka jalan bagi darah untuk menuju ke aorta dan ventrikel.

4). Pembuluh Darah

Jantung memiliki tiga pembuluh darah utama yaitu :

– Arteri : berperan mengangkut darah yang kaya akan kandungan oksigen dari jantung menuju ke seluruh bagian tubuh.

– Vena : darah yang tidak memiliki banyak kandungan oksigen akan diangkut oleh bagian ini untuk di bawa ke jantung.

– Kapiler : merupakan sebuah pembuluh darah yang tipis dan sangat kecil dengan fungsi untuk menghubungkan areri terkecil dengan vena terkecil.

 

Nah, penjelasan tentang anatomi jantung di atas semoga bermanfaat bagi kalian semua dan bisa digunakan untuk refrensi belajar yang menarik dan mudah.

 

Artikel Lainnya :