Alveolus – Pengertian, Fungsi, Struktur, Gambar

Posted on

Alveolus – Pengertian, Fungsi, Struktur, Gambar

Alveolus adalah salah satu organ yang sangat penting dalam sebuah proses pernapasan. Bagian ini mungkin tidak terlalu dijelaskan seperti hal nya paru paru yang merupakan organ utama dalam proses pernapasan di tubuh kita. Namun tidak ada salahnya jika pada kesempatan kali ini kami memberikan penjelasan mengenai alveolus mulai dari pengertian, fungsi, struktur hingga gambarnya di bawah ini.

Alveolus merupakan struktur anatomi yang memiliki bentuk berongga, terletak di Gian parenkim paru-paru dan merupakan ujung dari saluran pernapasan, di mana kedua sisi merupakan tempat pertukaran udara dengan darah. Alveolus sendiri juga merupakan gelembung-gelembung yang diisi oleh udara yang berasal dari dalam paru-paru, jumlah udara ini sendiri sekitar 300 juta buag. Sementara itu bentuk jaman Alveolus sendiri adalah alveoli.

Gelembung-gelembung yang terdapat pada Alveolus tersebut mengandung kapiler darah yang terdapat pada dindingnya yang tipis, dan juga pembuluh kapiler darah menyelimuti setiap gelembung, melalui Alveolus ini nantinya akan terjadi pertukaran oksigen (O2) yang berasal dari udara ke sel sel Alveolus darah yang ada di dalam tubuh serta pertukaran oksigen (O2) dari sel sel darag di dalam tubuh menuju ke udara bebas. Sehingga Alveolus merupakan kantung yang memiliki dinding tipis yang ada di ujung saluran udara terkecil yang dinamakan bronkiolus yang ada di dalam paru-paru yang di dalamnya berisi udara.

Alveolus sendiri merupakan anatomi yang hanya ada dan dimiliki oleh mamalia termasuk masusia karena sistem pertukaran gas yang terdapat pada vertebrata memiliki struktur yang tak sama. Membrane Alveolus merupakan tempat untuk terjadinya pertukaran gas. Darah dari seluruh tubuh yang kaya akan karbon dioksida akan dipompa ke dalam pembuluh darah alveolaris di mana melalui difusi, menyerap oksigen (O2) dan melepaskan karbon dioksida (CO2)

Baca Juga :  Fungsi Paru-Paru Pengertian, Struktur Dan Bagiannya

Sebuah Alveolus mampu mencapai diameter sekitar 200 hingga 300 mikrometer sehingga keberadaannya sering menjadi permukaan paru-paru menjadi semakin luas, di mana luas permukaan paru-paru kurang lebih mencapai 160 M2 atau sekitar 100 kali lebih luas dari permukaan tubuh.

Pengertian Alveolus

Jika dilihat secara umum, alveolus sendiri merupakan sebuah struktur anatomi. Bagian ini memiliki bentuk yang berongga – rongga banyak. Kamu bisa menemukan alveolus di Gian parenkim paru paru. Bagian ini sendiri adalah bagian yang berada paling ujung dari saluran pernapasan. Kedua sisi dari bagian ini berperan sebagai tempat terjadinya pertukaran udara dengan darah.

Bentuk alveolus sendiri berupa gelembung gelembung kecil. Dan organ ini pun berisikan udara yang letaknya ada di bagian dalam paru pari. Memiliki jumlah yang sangat banyak yakni bisa mencapai 300 juta buah. Alveoli adalah sebutan bagi alveolus dalam jumlah jamak atau jumlah banyak.

Jika dilihat dari ciri cirinya alveolus memiliki struktur yang halus. Alveolus juga berbentuk gelembung udara yang sangat tipis serta menjadi cabang dari bronkiolus.

Fungsi Alveolus

Alveolus sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita, untuk lebih jelasnya kami juga memberikan ulasan dan penjelasan mengenai fungsi alveolus. Berikut ini adalah penjelasannya :

1.) Menjadi Tempat Pertukaran Gas

Fungsi pertama yang dimiliki oleh alveolus adalah, bagian ini memiliki tugas dan peran sebagai tempat terjadinya pertukaran gas. Pertukaran gas sendiri dilakukan oleh paru paru sebagai sistem pernapasan. Yang mana pada masing masing bagian ini dilapisi oleh sel sel yang sangat tipis serta bentuknya datar dan juga berisikan banyak sekali kapiler.

Pada alveolus inilah dilakukan pertukaran gas yang ada di dalam tubuh. Mulai dari proses penyerapan oksigen hingga proses paling akhir yakni pengeluaran karbondioksida yang terdapat pada tubuh.

Baca Juga :  Gambar Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Pertukaran gas yang dilakukan di dalam paru paru sendiri bisa dibilang bersifat pasif yang mana pada organ tersebut tidak dibutuhkan lagi sebuah energi untuk dibakar. Gas gas ini sendiri akan mulai mengalami proses pertukaran dengan cara melakukan gerakan lewat gradien konsentrasi. Atau bisa juga lewat konsentrasi tinggi serta rendah.

Mekanisme yang terjadi pada saat proses pertukaran gas yakni bertukarnya oksigen O2 dengan karbondioksida CO2. Proses ini sendiri terjadi di dalam tubuh manusia dan dilakukan oleh alveolus.

2.) Tempat Menyimpan Udara Sementara

Fungsi kedua yang dimiliki oleh alveolus dan merupakan fungsi yang cukup penting. Yakni alveolus bertugas untuk menjadi tempat menyimpan udara. Udara yang disimpan ini sendiri hanya akan disimpan oleh alveolus sementara waktu saja. Kemudian udara yang memiliki kandungan oksigen akan dikirim ke dalam darah.

Struktur Bagian Alveolus

Jika berbicara mengenai struktur, alveoli sendiri terdiri dari beberapa epitel yang memiliki bentuk lapisan. Dan juga memiliki bentuk matrik ekstraseluler dan dikelilingi oleh kapiler.

Selain itu lapisan epitel ini sendiri memiliki peran untuk memberikan kemudahan pada proses pengikatan oksigen yang asalnya dari udara yang berada pada rongga alveolus. Proses ini sendiri dilakukan oleh darah dan tempatnya berada di dalam kapiler darah.

Pada alveoli yang letaknya berada di antara dinding alveolar kamu akan bisa menemukan pori pori yang bernama kohn. Alveoli ini sendiri juga memiliki kandungan serat elastis serta serat kolagen juga.

Ketika proses inhalasi dilakukan maka alveoli akan penuh dengan udara. Serat elastis yang ada pada alveoli ini pun memiliki struktur serta anatomi yang dapat meregang. Sehingga bisa dinilang ketika sedang melakukan proses pernapasan maka serat elastis akan mengalami konstraksi di dinding alveoli untuk melakukan ekspansi. Sementara serat kolagen akan berubah untuk menjadi lebih kaku.

Struktur dari alveoli ini sendiri terdiri dari 3 sel utama dan berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

Baca Juga :  Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Tipe yang pertama adalah Skuamosa Alveolar

Tipe ini adalah sekumpulan sel yang menjadi pembentuk dari struktur alveolar itu sendiri.

Tipe yang kedua adalah Sel Alveolar Besar

Sel ini memiliki tugas untuk melakukan proses sekresi surfaktan. Selain itu juga berfungsi untuk memberikan bantuan dalam mengurangi tegangan yang mungkin saja terjadi di permukaan air. Dan juga untuk memberikan bantuan pada proses pemisahan membran. Sehingga dapat memberikan kemudahan pada proses pertukaran gas.

Tak hanya itu saja, sel alveolar besar ini juga berperan penting dalam proses perbaikan kerusakan. Kerusakan yang biasanya terjadi di sistem endotelim dan berasal dari alveolus ini akan diperbaiki olehnya.

Di dalam sel ini terdapat sel epitel skuamosa yakni sel yang memiliki tugas untuk membentuk kapiler yang berfungsi untuk melakukan difusi pada gas. Pembentukan kapiler ini sendiri mampu mencakup hingga 70% yang berasal dari daerah tersebut.

Yang terakhir kamu juga akan menemukan sel makrofak. Sel ini adalah sebuah sel yang memiliki kemampuan untuk membantu dalam proses penghancuran bakteri. Sel ini juga mampu menghalangi berbagai macam benda asing yang masuk di dalam tubuh lewat sebuah proses pernapasan. Maka sel ini pun mempunyai sebuah keterikatan dengan sistem kekebalan tubuh manusia.

Gambar Alveolus

Nah, sudah tahu kan penjelasan mengenai alveolus. Untuk lebih jelasnya kami sudah menyediakan gambar gambar alveolus seperti berikut ini :

Gambar dari alveolus di atas mengakhiri penjelasan kita kali ini mengenai alveolus mulai dari pengertian, fungsi, struktur dan gambarnya.

Artikel Lainnya :

Gambar Sel Hewan dan Tumbuhan – Lengkap Dengan Fungsi dan Struktur

Bioteknologi – Pengertian, Penerapan, Dampak, Prinsip, Contoh

Fungsi Ekonomis Hutan Mangrove