Alat Pernapasan Manusia – Penjelasan Dan Fungsinya

Posted on

Alat Pernapasan Manusia – Penjelasan Dan Fungsinya

Alat Pernapasan Manusia – Masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana sistem pernapasan di dalam tubuh manusia karena tak bisa menjelaskannya dengan gamblang. Padahal setiap hari manusia bernapas sebanyak 17.280 namun hingga kini tak ada yang bisa mengetahui secara pasti bagaimana proses pernapasan bisa berlangsung. Beberapa orang hanya mengetahui bahwa paru-paru yang memiliki tugas penting untuk menjaga manusia agar tetap bernapas dan hidup karena tanpa adanya oksigen dan proses pernapasan manusia tak akan bisa hidup.

Untuk itu artikel ini akan membahas mengenai proses pernasapan pada manusia serta menjelaskan mengenai alat pernapasan yang ada pada manusia berserta dengan fungsi dan penjelasan lengkapnya. Mari simak di bawah ini ya!

 

Apa itu pernapasan?

Pernapasan atau bisa juga disebut dengan respirasi merupakan pertukaran gas antara mahluk hidup atau pun organisme dengan lingkunga tempatnya tinggal, jika dilihat secara umum, pernapasan bisa diartikan sebagai proses menghirup oksigen dari udara yang kemudiakan dikeluarkan dengan bentuk karbon dioksida serta uap air. Di dalam proses pernapasan ini, udara yang diperoleh berasal dari lingkungan sekitar. Sementara itu pernapasan yang terjadi pada manusia mencakup dua proses. Berikut ini penjelasan secara lengkapnya:

  1. Pernapasan Eksternal

Pernapasan eksternal merupakan proses  pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang terjadi di antara udara dalam gelembung paru-paru dengan darah kapiler.

  1. Pernapasan Internal

Sementara pernapasan internal merupakan proses pertukaran oksigen dan karbon dioksika yang terjadi antara darah di dalam kapiler dengan sel-sel yang terdapat dalam jaringan tubuh.

 

Baca Juga :  Endoplasma - Jenis, Fungsi Beserta Gambar

Di dalam proses pernapasan oksigen sangat dibutuhkan untuk melakukan oksidasi atau pembakaran zat makanan yang berupa gula atau glukosa. Glukosa sendiri merupakan zat makanan yang memiliki kandungan energy sehingga proses oksidari zat makanan yakni glukosa memiliki tujuan untuk menghasilkan energi bagi manusia dan digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Energi ini sendiri bisa diambil dari dalam kandungan makanan yang dikonsumsi.

 

Organ Pernapasan Pada Manusia

  1. Hidung dan Rongga Hidung

Hidung merupakan organ yang tertular secara langsung dan juga bersentuhan dengan gas atau udara untuk bisa bernapas. Fungsi dari hidung ini sendiri adalah untuk menghirup oksigen (O2) dan juga sebagai jalur keluarnya karbon dioksida (CO2) yang kita keluarkan saat proses pernapasan berlangsung. Organ ini sendiri terletak pada tulang tengkoran dan tersusun dari tulang rawa, tulang otot serta kulit. Di dalam hidung juga terdapat rongga hidung yang memiliki peran penting dalam proses pernapasan. Rongga hidung sendiri memiliki fungsi untuk melembabkan serta menghangatkan hingga sebagai filter atau untuk menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh pada saat proses pernapasan berlangsung.

  1. Tenggorokan Atau Faring

Tenggorokan atau yang biasa disebut juga dengan faring adalah jalur terusan setelah manusia menghirup udara melalui hidung. Setelah tiba di tenggorokan, udara kemudian akan diteruskan ke organ pernapasan selanjutnya yakni pangkal tenggorokan yang disebut laring, trakea hingga terakhir ke bronkus.

  1. Pangkal Tenggorokan Atau Laring

Pangkal tenggorokan yang memiliki nama lain laring, lebih dikenal sebagai kotak suara dan merupakan penghubung untuk faring dan juga trakea. Pada bagian ini, terdapat pita suara dan juga katup epiglottis yang memisahkan saluran makanan dengan saluran udara sehingga proses pernasapan tak terganggu.

  1. Trakea
Baca Juga :  Tulang Tengkorak - Nama Latin Beserta Fungsinya

Trakea sendiri memiliki tugas untuk menghubungkan laring dengan bronkus dan menjadi jalan keluar bagi udara yang masuk dari leher ke bagian dada, bentuk dari trakea ini mirip seperti pipa dan memiliki fungsi utama untuk menjadi jalur udara yang masuk dan keluar dari paru-paru. Organ ini sendiri tersusun oleh cincin dan tulang rawan yang terdapat pada depan kerongkongan.

  1. Bronkus

Bronkus adalah percabangan dari trakea, organ ini memiliki dua cabang yang menuju ke paru-paru kanan dan juga kiri, setelah melewati bronkus percabangan ini akan diteruskan oleh bronkiolus hingga akhirnya berakhir di alveolus atau yang biasa disebut dengan gelembung udara.

  1. Paru-paru

Paru paru adalah organ manusia yang sangat vital dan merupakan organ pernapasan yang dibungkus oleh lapisan bernama pleura. Terletak di rongga dada pada bagian atas diafragma, organ ini memiliki bentuk seperti spons dan memiliki dua bagian yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Paru-paru pada bagian kiri hanya mempunyai 2 segmen sedangkan paru-paru yang ada pada bagian kanan memiliki 3 segmen.

 

Itu dia penjelasan lengkap mengenai alat pernapasan manusia dari penjelasan hingga fungsinya lengkap sudah dijabarkan di atas. Sehingga dari sini, kita bisa mengetahui jika proses pernapasan tak hanya dilakukan oleh hidung saja tapi juga beberapa organ yang berada di dalam tubuh manusia. Semoga penjelasan dari artikel di atas bisa menambah ilmu pengetahuan anda dan bisa membuat anda mengerti bagaimana proses pernapasan bisa terjadi.

Rate this post