Alat Pernapasan Manusia – Penjelasan dan Fungsinya

Posted on

Alat Pernapasan Manusia

Ekosistem.coid – Alat Pernapasan Manusia di bawah ini bisa dijadikan sebagai refrensi belajar yang lengkap di rumah. Karena meski kita bernapas setiap hari, setiap detik dan menit, pokoknya setiap waktu. Namun rupanya masih banyak yang belum tahu cara kerja sistem pernapasan manusia.

Setiap hari kita bernapas sebanyak 17.280 namun hingga kini tak ada yang bisa mengetahui secara pasti bagaimana proses pernapasan itu bisa berlangsung.

Beberapa orang hanya mengetahui bahwa paru-paru yang memiliki tugas penting untuk menjaga manusia agar tetap bernapas dan hidup karena tanpa adanya oksigen dan proses pernapasan manusia tak akan bisa hidup.

Nah, sahabat belajar untuk itu kita akan membahas mengenai proses pernasapan  serta menjelaskan mengenai alat pernapasan yang ada pada tubuh kita berserta dengan fungsi dan penjelasan lengkapnya. Mari simak di bawah ini ya!

 

Apa Itu Pernapasan?

Pernapasan atau bisa juga disebut dengan respirasi merupakan pertukaran gas antara mahluk hidup atau pun organisme dengan lingkunga tempatnya tinggal. Jika dilihat secara umum, pernapasan bisa diartikan sebagai proses menghirup oksigen dari udara.

Dan oksigen ini kemudian akan dikeluarkan dengan bentuk karbon dioksida serta uap air. Di dalam proses pernapasan ini, udara yang diperoleh berasal dari lingkungan sekitar.

 

Sistem Pernapasan pada Manusia

Sementara itu pernapasan yang terjadi pada manusia mencakup dua proses. Berikut ini penjelasan secara lengkapnya :

Baca Juga :  Limpa Adalah – Pengertian, Fungsi Beserta Penyakit Limpa

1.) Pernapasan Eksternal

Pernapasan eksternal merupakan proses  pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang terjadi di antara udara dalam gelembung paru-paru dengan darah kapiler.

 

2.) Pernapasan Internal

Sedangkan sistem pernapasan interlah ialah suatu proses pertukaran oksigen degan karbondioksida. Proses ini terjadi antara darah yang ada di dalam kapiler denga sel yang ada di dalam jaring tubuh kita.

 

Oksigen berperan penting dalam sistem pernapasan dan sangat dibutuhkan sebab membantu proses oksidasi. Atau suatu proses pembakaran zat makanan yakni gula atau glukosa.

Glukosa sendiri merupakan zat makanan yang memiliki kandungan energy sehingga proses oksidasi zat makanan.

Yakni glukosa memiliki tujuan untuk menghasilkan energi bagi manusia dan digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Energi ini sendiri bisa diambil dari dalam kandungan makanan yang dikonsumsi.

 

 

Organ Pernapasan pada Manusia

Sedangkan organ yang berperan pada sistem pernapasan manusia adalah :

1.) Hidung dan Rongga Hidung

Hidung menjadi alat pernapasan pertama yang melakukan sistem pernapasan karena secara langsung bersentuhan dengan udara atau gas yang mask ke tubuh. Hidung bertugas sebagai penghirup oksigen O2 dan merangkap tugas sebagai jalur keluarnya karbondioksida CO2.

Organ ini sendiri terletak pada tulang tengkoran dan tersusun dari tulang rawa, tulang otot serta kulit. Di dalam hidung juga terdapat rongga hidung yang memiliki peran penting dalam proses pernapasan.

Hidung memiliki rongga yang berfungsi untuk melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk dan keluar. Rongga ini juga bertugas sebagai penyaring udara yang masuk  ketika melakukan proses pernapasan.

 

2.) Tenggorokan atau Faring

Tenggorokan adalah jalur terusan setelah hidung, jadi ketika kita menghirup udara yang mask melalui hidung, maka udara tersebut akan diteruskan ke laring. Setelah dari laring, udara atau oksigen yang kita hirup akan melanjutkan perjalanan menuju ke laring.

Baca Juga :  Fungsi Vakuola – Penjelasan Beserta Gambarnya

 

3.) Pangkal Tenggorokan atau Laring

Pangkal tenggorokan adalah organ pernapasan yang ada di bawah faring dan disebut juga dengan istilah kotak suara. Karena selain penghubung bagi faring dengan trakea.

Di dalam laring kita juga bisa menemukan organ pita suara dan katu epiglottis yan tidak hanya bertugas untuk memproduksi suara. Tapi juga menjadi pemisah bagi saluran udara dan saluran makanan.

 

4.) Trakea

Tugas trakea adalah sebagai penghubung bagi laring dengan organ lainnya yakni bronkus. Trakea juga berfungsi sebagai jalan keluar udara yang masuk dan berasal dari leher.

Itulah mengapa organ ini memiliki bentuk menyerupai pipa sebab merupakan jalur utama bagi udara yang masuk hingga keluar dari paru-paru.

Organ ini sendiri tersusun oleh cincin dan tulang rawan yang terdapat pada depan kerongkongan.

 

5.) Bronkus

Bronkus merupakan percabangan dari trakea dengan dua cabang menuju ke organ paru-paru. Cabang pertama menuju ke paru-paru sebelah kanan, dan cabang kedua menuju paru-paru sebelah kiri.

Setelah melalui bronkus, udara pun akan dibawa oleh bronkius dan berakhir di alveolus.

 

6.) Paru-paru

Pada sistem pernapasan organ ini sudah tidak asing lagi, sebab merupakan organ utama dalam sistem respirasi. Berada di rongga dada dan berada tepat di atas diafragma, paru-paru berbentuk spoons dengan dua bagian. Yakni paru-paru bagian kiri dan paru-paru bagian kanan.

Paru-paru pada bagian kiri hanya mempunyai 2 segmen sedangkan paru-paru yang ada pada bagian kanan memiliki 3 segmen.

 

 

Fungsi Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan pada manusia memegang peran yang sangat penting, karena selain membantu proses pernapasan yang dilakukan oleh tubuh kita. Sistem ini juga memiliki beberapa fungsi lain di antaranya adalah :

Baca Juga :  Biologi – Pengertian, Cabang, Manfaat dan Ruang Lingkup

1.) Membuat manusia bisa bicara dan membaui sesuatu.

2.) Melindungi saluran udara dari masuknya zat berbahaya.

3.) Melindungi saluran udara dari adanya risiko iritasi.

4.) Mengalirkan udara sesuai dengan suhu yang ada pada tubuh.

 

 

Cara Menjaga Organ Pernapasan

Organ pernapasan merupakan organ vital yang ada pada tubuh dan wajib dijaga dengan cara di bawah ini :

1.) Menghindari polutan karena mampu merusak saluran udara, seperti polusi, asap, gas radioaktif hingga bahan kimia.

2.) Mengenakan masker jika ke tempat yang banyak debu, asap dan polutan lainnya.

3.) Jangan merokok atau terpapar asap rokok.

4.) Konsumsi asupan sehat seperti sayur dan buah.

5.) Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air 8 gelas sehari.

6.) Rajin olahraga.

7.) Sering mencuci tangan dan jangan pegang bagian hidung jika tangan dalam keadaan kotor.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai alat pernapasan manusia beserta dengan penjelasan lengkapnya, semoga bermanfaat ya!

 

Artikel Lainnya :

  1. Jaringan Otot – Ciri Ciri, Fungsi, Struktur, Letak dan Gambarnya
  2. Jaringan Saraf – Ciri Ciri, Fungsi, Struktur, Letak dan Gambarnya
  3. Jaringan Epitel – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Fungsinya