Alat Peredaran Darah Pada Cacing Tanah – Pembahasan Terlengkap dan Gambarnya

Posted on

Alat Peredaran Darah Pada Cacing Tanah – Pembahasan Terlengkap dan Gambarnya

Cacing adalah hewan invertebrata atau tidak memiliki tulang belakang. Biasanya hidup di tanah dan punya banyak sekali jenis dalam spesiesnya. Ulasan kali ini secara ekslusif akan membahas sistem sirkulasi darah dan sedikit mengangkat sistem pencernaan,dan pernapasan pada hewan cacing tanah. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui alat peredaran pada cacing tanah dan bagaimana sistem peredaran darah pada cacing tanah. Berikut pembahasan lengkapnya.

Banyak sekali jenis cacing seperti yang sudah disinggung di atas. Kurang lebih ada sembilan ribu jenis cacing tanah, namun hanya segelintir orang yang mengetahui, kebanyakan mereka melihat dari luarnya dan menyamakan jenis cacing tanah. Biasanya cacing tanah dijumpai ketika musim hujan, ditemukan di dalam tanah. Cacing-cacing tanah yang memiliki ukuran lebih kecil kerap dimanfaatkan manusia untuk pakan ikan hias akuarium dan lintah.

Tubuh cacing terbagi menjadi tiga bagian, terdiri dari prostomium, batang, dan pygidium. Memiliki sistem sirkulasi darah tertutup sejati, dan cacing tidak mempunyai organ pernapasan sejati. Ditemukan di belahan dunia manapun, cacing tersegmentasi atau annelida sudah ada di bumi kurang lebih 120 juta tahunan yang lalu.

Diperkirakan cacing dapat berkembang biak menjadi jumlah yang fantastis, dari  seratus ekor cacing dapatmenghasilkan100 ribu ekor dalamwaktu setahun.Sehabis usia cacing tanah 2 sampai 3 bulan, cacing sudah dianggap cukup umuryang ditandai dengan munculnya gelang klitelum pada bagian belahan depan cacing.Cacing termasuk binatang tingkat kelas rendah, alasannya karena mereka tidak punya tulang belakang, invertebrata, lembek. Namun cacing banyak sekali manfaatnyabahkan mensejahterakan kehidupan jika kita sebagai manusia mampu memahaminya keunggulan-keunggulannya.

Baca Juga :  Fungsi Inti Sel – Penjelasan Beserta Gambarnya

Cacing tanah punya sistem pencernaan yang kompleks, yaitu mulut dan anus. Gas yang dipertukarkan menggunakan kulit, ataupun insang khusus atau modifikasi parapodia. Sistem saraf dari annelida yakni sepasang ganglia cephalic melekat pada tali saraf ganda yang berjalan sepanjang dinding tubuh ventral, dengan ganglia dan cabang di setiap segmennya.

Sistem Peredaran Darah

Cacing adalah hewan yang sistem peredaran darahnya tertutup dengan kapiler-kapiler yang tersebar di seluruh tubuhnya. Darah dari cacing mempunyai Hb atau hemoglobin yang telah terlarut dalam protoplasma sel darah merah. Jantung cacing atau disebut lengkung aorta adalah bagian dari aorta yang berdindingkan otot tebal sehingga mampu berkontraksi. Dinamakan lengkung aorta karena bentuknya yang melengkung.

Mekanisme kerja jantung untuk sirkulasi darah cacing yakni, jantung memompa darah dari bagian dorsal atau dari punggung kemudian ke pembuluh darah bagian ventral yakni berada di perut untuk selanjutnya diteruskan ke seluruh tubuh cacing. Sementara pertukaran udara atau proses pernapasannya terjadi di kapiler-kapiler yang tersebar di permukaan kulit sepanjang tubuh cacing. Dinding kulit cacing berkarakterisktik lembab dan juga tipis, sehingga memungkinkan untuk tempat terjadinya pertukaran udara. Setelah darah sudah melewati tiap-tiap seluruh bagian tubuh, aliran darah akan kembali menuju ke bagian dorsal tubuh cacing, dan menuju jantung untuk kemudian dipompadan disebarkan ke seluruh tubuh cacing, begitu seterusnya. Itulah organ dan proses peredaran darah pada cacing tanah. Cukup mudah untuk dipelajari bukan?

Terdapat tiga bagian pada pembuluh darah di cacing tanah. Yaitu pembuluh darah punggung, pembuluh darah perut hingga pembuluh darah kapiler. Pada masing masing pembuuh darah ini memiliki fungsi yang cukup beragam yakni pembuluh darah punggung atau yang juga disebut dengan dorsal ini memiliki fungsi untuk mengangkut darah agar bisa masuk ke jantung sementara pembuluh darah perut atau pembuluh darah ventral memiliki fungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sedangkan pembuluh darah punggung atau dorsal dan pembuluh darah perut yang dihubungkan kan menjadi pembuluh darah kapiler.

Baca Juga :  Apa Yang Anda Ketahui Mengenai Struktur dan Sifat Virus

Pembuluh darah kapiler terdiri dari 5 pasang lengkung aorta yang memiliki peran sebagai jantung dan peredaran darah pada cacing tanah dimulai dari jantung yang memompa darah menuju ke seluruh pembuluh darah, darah yang diedarkan ini sendiri memiliki kandungan hemoglobin lalu darah yang menhalir kembali ke jantung ini akan membawa zat sisa metabolisme karena darah yang beredar melalui pembuluh darah maka dari itu sisrem peredaran darah pada cacing disebut dengan sistem peredaran darah tertutup.

Sudah tahu kan alat peredaran darah cacing tanah dan organ apa saja yang digunakan oleh cacing tanah dalam sistem peredaran darahnya. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan ilmu pengetahuan tambahan bagi anda semua. Oke jadi itu dia ya guys, ulasan materi kita kali ini perihal sistem peredaran darah cacing tanah. Nah gimana? Dapatkah menghilangkan dahaga keilmuan biologi mengenai cacing. Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom yang situs kami sediakan. Terimakasih sudah berkunjung, dan sampai jumpa kembali diartikel kami berikutnya. Tunggu pembahasan kami berikutnya ya.

Artikel Lainnya :