8 Fungsi Paru-paru pada Manusia

Posted on

8 Fungsi Paru-paru pada Manusia

 

Ekosistem.co.id – 8 fungsi paru-paru di bawah ini akan kami bahas secara lengkap dan tuntas. Sebab paru-paru adalah salah satu organ penting dan cukup vital peranannya bagi tubuh kita.

Karena tanpa adanya paru-paru kita pasti tidak akan bisa bertahan hidup di dunia ini. Paru-paru bukan hanya organ pernapasan bagi manusia saja namun juga beberapa hewan bernapas dengan paru-paru. Namun dengan bentuk, struktur dan fungsi yang berbeda pula.

 

Pengertian Paru-paru

Organ paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh, berfungsi untuk mengatur sistem pernafasan manusia. Letaknya berada di bagian dada, keberadaannya sangat vital bagi kelangsungan hidup seorang manusia.

Paru-paru manusia memiliki bagian-bagian tertentu, yakni Trakea (tenggorokan) dan bronkus (batang bercabang yang menghubungkan paru-paru kanan dengan paru-paru kiri).

Paru-paru juga terdiri dari bronkiolus (cabang setelah bronkus, cabangnya lebih banyak), alveolus (tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida), Pleura (selaput paru-paru) dan Diafragma (otot pembatas rongga dada dengan rongga perut).

Fungsi paru-paru pada dasarnya untuk mengatur peredaran udara atau pernafasan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini fungsi paru-paru pada manusia.

 

8 Fungsi Paru-paru

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika paru-paru berfungsi sebagai organ pernapasan bagi manusia. Tapi berikut ini kami sudah merangkum 8 fungsi paru-paru, di antaranya adalah :

1.) Mencegah Polutan Masuk ke Dalam Tubuh

Sebelum masuk ke paru-paru, udara disaring melalui bulu-bulu hidung. Partikel yang cukup besar tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

Ketika ada kotoran yang masuk ke paru-paru, maka akan berhenti di lapisan mucus atau sputum yang membatasi bagian dalam kantong pernafasan.

 

2.) Membuat Batuk Mengeluarkan Kotoran

Ketika anda mengalami batuk-batuk, sebenarnya itu merupakan salah satu cara perlindungan yang dilakukan oleh tubuh. Batuk bisa dikarenakan adanya kotoran yang ada dalam kantong bronchial.

Baca Juga :  Sifat Virus – Penjelasan, Bentuk dan Ciri-Ciri

 

3.) Menyebarkan Oksigen ke Dalam Tubuh

Udara masuk melalui hidung, mulut ataupun keduanya. Bernafas melalui hidung lebih disarankan karena dapat mengurangi polutan yang masuk ke dalam paru-paru.

Sedangkan bernafas melalui mulut biasanya dilakukan ketika berolahraga. Kemudian paru-paru akan mengolahnya lagi dan memisahkan antara oksigen dan karbon dioksida kemudian menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

 

4.) Mengeluarkan Karbon Dioksida dan Uap Air

Paru-paru bertugas menjadi pemisah dari oksigen dan karbondioksida yang akhirnya dikeluarkan oleh paru-paru. Beserta dengan uap air yang berasal dari udara yang sudah kita hirup lalu dikeluarkan kembali.

Karena karbondioksida memiliki efek buruk bagi kesehatan sehingga harus dikeluarkan.

 

5.) Paru-paru Juga Berfungsi Mengendalikan pH Darah

Paru-paru bisa mengendalikan pH darah dengan cara mengubah tenakan darah yang ada pada karbon dioksida sehingga pH darah menjadi normal.

 

6.) Menjadi Lapisan Pelindung Hati dari Guncangan

Karena letak hati berada di bawah di antara paru-paru. Keberadaan dua paru-paru manusia mampu melindungi hati yang berada di bawahnya.

 

7.) Menjadi Reservoir Darah

Volume darah dalam paru-paru sekitar 9% dari keseluruhan darah manusia, total darahnya sebesar 450 mililiter. Darah yang hilang dari sirkulasi dapat diganti oleh darah dari paru-paru yang akan disalurkan ke dalam pembuluh sistematik.

 

8.) Menyaring Darah yang Menggumpal pada Pembuluh Vena

Paru-paru juga berfungsi untuk menyaring darah yang menggumpal di pembuluh vena. Sehingga darah bentuknya tidak menggumpal lagi.

 

Paru-paru memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita, jadi bayangkan jika organ satu ini mengalami masalah. Pastinya akan mengganggu kinerja paru-paru dan juga efeknya akan buruk bagi kesehatan kita.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam

 

 

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga paru-paru bisa dilakukan dengan langkah di bawah ini:

1.) Tidak Merokok

Cara pertama untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara berhenti merokok karena kandungan nikotin yang ada di dalam rokok sangat bahaya terhadap paru-paru.

Lambat laun paru-paru akan mengalami kerusakan dan kehilangan fungsinya. Tak hanya merokok saja, mereka yang terpapar asap rokok juga memiliki resiko yang sama loh.

 

2.) Olahraga Tiap Pagi

Ternyata olahraga secara rutin setiap pagi juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Saat berolahraga kinerja jantung akan meningkat dan membuat oksigen yang disuplai ke paru-paru meningkat sehingga membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

 

3.) Menghindari Minuman Alkohol

Minuman beralkohol bisa membuat paru-paru menjadi tersumbat sehingga mengganggu fungsinya. Jika dibiarkan secara terus menerus maka dapat membuat paru-paru tidak bisa berfungsi dengan baik.

Untuk itu hindari minimal berlakohol agar bisa mencegah penyakit paru-paru.

 

4.) Menjaga Lingkungan Sekitar

Tak hanya asap rokok, asap polusi juga bisa mempengaruhi kinerja paru-paru loh. Makanya mereka yang tinggal di desa cenderung lebih sehat dibanding mereka yang tinggal di kota yang penuh dengan asap polusi dan udaranya sudah tercemar.

Makanya, jaga lingkungan kita ya agar paru-paru dan organ yang lainnya bisa terjaga kesehatannya.

Memang merokok merupakan salah satu yang dapat merusak fungsi paru-paru pada manusia. Asap rokok dan kandungan nikotin sangat buruk bagi paru-paru. Merokok menyebabkan beberapa masalah pernafasan seperti Chronic Obstructive Pulmonary Disease.

Hal ini merupakan kerusakan pada paru-paru akibat dari kesulitan mengeluarkan udara keluar, menyebabkan nafas yang pendek. Gejala di atas, merokok juga membuat dinding yang lemah antara alveoli rusak dan memerangkap udara dalam paru-paru. Pada akhirnya, paru-paru anda akan mengalami kesulitan bernafas.

Baca Juga :  Ruang Lingkup Biologi Beserta Dengan Penjelasannya

Selain merokok, obesitas juga bisa berpengaruh pada kinerja paru-paru. Berat badan yang berlebih akan menyebabkan masalah pernafasan dalam jangka panjang.

Untuk itulah, agar paru-paru anda tetap sehat sebaiknya hindari merokok. Perokok juga harus sadar bahwa kebiasaannya itu tidak hanya berbahaya bagi dirinya. Tetapi berdampak buruk juga bagi orang-orang di sekitarnya.

 

Itulah pembahasan mengenai 8 fungsi paru-paru pada manusia. Organ yang sangat penting ini harus dijaga sebaik mungkin. Setidaknya resiko terserang penyakit paru-paru bisa diminimalisir.

 

Artikel Pilihan :