16 Bakteri Yang Menguntungkan Manusia – Penjelasan Terlengkapnya

Posted on

16 Bakteri Yang Menguntungkan Manusia – Penjelasan Terlengkapnya

Bakteri merupakan organisme kecil yang hanya bisa dilihat dengan menggunakan alat bantu yaitu mikroskop. Bakteri merupakan suatu organisme yang memiliki sel tunggal dan tidak termasuk hewan ataupun tumbuhan. Bakteri juga bisa hidup secara independen ataupun bisa menjadi parasite dengan berpindah ke suatu tempat dengan cara mengambil manfaat  dan indungyna. Ada bakteri yang menguntungkan manusia dan ada juga bakteri yang merugikan manusia. Bakteri juga tidak selalu merugikan, kita lihat contoh bakteri yang ada didalam tubuh manusia, bakteri ini berguna dalam menjalankan fungsi-fungsi tubuh, terutama pada bagian pencernaan.

Bentuk Bakteri terbagi menjadi tiga bagian, yaitu batang (bacilli), spiral (spirilla), bola (cocci). Dari ketiga bentuk inilah bakteri-bakteri tercipta dan tersebar didunia ini. Walapun bakteri hanya memiliki sel tunggal, tetapi Bakteri juga mempunyai struktur yang terdiri dari Kapsul, Dinding Sel, Membran Plasma, Sitoplasma, DNA, Ribosom, Flagellum, dan Pili. Ternyata cukup kompleks ya struktur yang terdapat pada bakteri.

Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah bakteri yang menguntungkan manusia, ingin tahu bakteri apa saja bakteri yang menguntungkan bagi manusia! Yuk baca artikel ini sampai selesai.

Peran Bakteri Bagi Kehidupan Manusia

Bakteri juga memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, tak selamanya merugikan berikut ini peran penting bakteri terhadap keberlangsungan hidup manusia.

  1. Penghasil Antibiotik

Bakteri ternyata memikili peran penting dalam menghasilkan antibiotik yang dapat melakukan proses penghambatan terhadap pertumbuhan dan bahkan sanggup mematikan mikroorganisme lain yang ada di sekeliling kita. Antibiotik sendiri merupakan suatu unsur senyawa yang dihasilkan oleh beberapa mikroorganisme seperti Streptomyces venezuele yang menghasilkan streptomisin dan Streptomyces aureofaciens yang menghasilkan aureomisin. Senyawa ini sendiri biasanya digunakan dalam bidang kesehatan.

Baca Juga :  Manfaat Reboisasi – Pengertian, Tujuan dan Fungsinya
  1. Penghasil Biosida

Biosida merupakan pestisida alami yang dihasilkan dari makhluk hidup dan penggunaannya dianggap jauh lebih aman dibanding dengan pestisida, karena biosida tidak memiliki efek buruk dan tidak mencemari lingkungan. Bacillus thuringiensis atau Bt merupakan bakteri yang paling efektif digunakan untuk menanggulangi hama.

  1. Pembusuk atau Pengurai

Jika tidak ada bakteri maka tidak ada yang melakukan penguraian terhadap sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga atau pun sampah industri, akibatnya dunia ini akan dipenuhi oleh sampah organic. Karena salah satu peran penting bakteri terhadap kehidupan manusia adalah sebagai pembusuk atau pengurai sampah menjadi unsur unsur hara yang memiliki manfaat bagi kehidupan.

 

Bakteri yang Menguntungkan Manusia

Berikut ini bakteri-bakteri yang menguntungkan bagi manusia di berbagai bidang atau kategori beserta penjelasannya:

Bakteri-bakteri yang Menguntungkan di Bidang Produksi Bahan Pangan

  1. Bakteri Lactobacillus Coucasicus, yaitu bakteri yang berperan dalam pembuatan yoghurt.
  2. Bakteri Lactobacillus Citrovorum, yaitu bakteri yang dapat memberikan aroma pada keju dan mentega.
  3. Bakteri Lactobacillus Casei, yaitu bakteri yang berperan dalam proses produksi keju.
  4. Bakteri Acetobacteri xylinum, yaitu bakteri yang berperan dalam pembuatan Nata de Coco (kolang-kaling).
  5. Bakteri Streptococcus Thermophilus, yaitu bakteri yang berperan dalam pembuatan mentega.

Bakteri-bakteri yang Menguntungkan di Bidang Kesehatan

  1. Bakteri Bacillus Colistinus, bakteri ini berperan dalam menghasilkan antibiotic colistin.
  2. Bakteri Bacillus Polymixa, bakteri ini berperan dalam menghasilkan antibiotic polimiksin.
  3. Bakteri Streptomyces Venezuelae, bakteri ini berperan dalam menghasilkan antibiotic kloramfenikol.
  4. Bakteri Streptomyces Rimosus, bakteri ini berperan untuk menghasilkan antibiotic teramisin.
  5. Bakteri Eschericia Coli, yaitu bakteri yang berperan dalam menghasilkan interferon yang biasa digunakan untuk pengobatan terhadap infeksi virus.

Bakteri-bakteri yang Menguntungkan di Bidang Industri

  1. Bakteri Agrobacterium Tumefaciens, yaitu bakteri yang dimanfaatkan dalam pembuatan tanaman transgenik dengan tujuan resistensi terhadap hama dan penyakit.
  2. Bakteri Leuconostoc Mesenteroides, yaitu bakteri yang berperan dalam menghasilkan bakterisida atau bakteriosin.
  3. Bakteri Azetobacter, yaitu bakteri yang bisa menyuburkan tanah sehingga tanah tersebut kaya akan N2.
  4. Bakteri Rhodospirillum, yaitu bakteri yang bisa hidup bebas dan juga dapat mengikat nitrogen.
  5. Bakteri Enterobacter, yaitu bakteri yang berperan dalam menghambat proses pertumbuhan penyakit bercak daun pada tanaman mentimun.
Baca Juga :  Laring – Pengertian, Fungsi Dan Gangguannya Terlengkap

Bakteri-bakteri yang Menguntungkan di Bidang Pertanian

  1. Bakteri Gluconobacter Suboxydans, yaitu bakteri yang menghasilkan dihidroksiaseton atau biasa disebut sebagai bahan kimia halus.
  2. Bakteri Clastridium Asetabutylicum, yaitu bakteri yang menghasilkan asam glutamate yang biasa digunakan sebagai bahan penyedap rasa.
  3. Bakteri Lactobacillus Delbrueckii, yaitu bakteri yang menghasilkan asam laktat, biasanya digunakan dalam produk pangan, menghilangkan kapur dari kulit binatang, dan juga bermanfaat dalam pembuatan bahan-bahan kimia.

Nah, itulah penjelasan dan pemaparan mengenai Bakteri yang menguntungkan Manusia, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan semoga bisa menambah wawasan pembaca terutama dalam bidang biologi dan kesehatan. Teriimakasih sudah membaac artikel ini. Sekian.